Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh bermain lompat tali terhadap keterampilan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di Tk Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan

Widadari, Widadari (2023) Pengaruh bermain lompat tali terhadap keterampilan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di Tk Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920600011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pertama terdapat 12 dari 13 anak keterampilan sosial anak masih rendah, dibuktikan dengan anak tidak dapat menyesuaikan diri dengan temannya karena anak tidak mau bekerjasama pada saat bermain dan mengasingkan diri. Permasalahan kedua pada saat bermain lompat tali anak tidak mau berbagi giliran ditandai denga sikap anak tidak mengikuti aturan bermain. permasalahan ketiga dalam proses pembelajaran terdapat 13 dari 15 anak yang mengalami kesulitan dalam belajar, salah satunya adalah kesulitan berinteraksi sosial dengan lingkungannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh Bermain Lompat Tali Terhadap Keterampilan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ekperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 15 orang 6 laki-laki dan 7 perempuan. Hasil penelitian yang dilakukan pada data awal pretest di kelas ekperimen menunjukkan setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas kelas tersebut berdistribusi normal dan homogen, yaitu terdapat pengaruh yang singnifikan dengan menggunakan Bermain Lompat Tali dapat meningkatkan Keterampilan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan rumus uji t yang dilakukan diperoleh bahwa T hitung = 8,967 > T tabel = 2,048 dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan H_a diterima dan H_oditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menerapkan Bermain Lompat Tali terhadap Keterampilan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Sakinah Siregar, M.Pd
Keywords: Bermain; Lompat tali; Perilaku sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:05
Last Modified: 15 Feb 2024 03:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10179

Actions (login required)

View Item View Item