Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode diskusi pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII di SMP Negeri 03 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal

Delisma, Tika (2023) Penerapan metode diskusi pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII di SMP Negeri 03 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100258.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa masih banyak terdapat siswa yang belum mengetahui tentang ibadah puasa dengan baik beserta cara mengamalkannya. Hal yang menyebabkan kurangnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam yaitu siswa kurang tertarik dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga, siswa bosan dan jenuh dalam pembelajaran dikarenakan guru masih menerapkan metode yang menonton atau masih kurang dalam penerapan metode pada pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Berdasarkan batasan masalah di atas maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini menurut teori Dewa Putu Yudhi adalah: Apakah dengan penerapan metode diskusi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Di SMP Negeri 03 Lingg Bayu Kabupaten Mandailing Natal? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Penelitian tindakan kelas yanag dilakukan secara bersiklus. Dalam penelitian ini dilakukan dengan dua kali siklus. Metode penelitian ini yaitu metode penelitian eksprimen. Instrumen yang dilakukan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Setelah penelitian ini dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: pada kondisi awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah sebesar 49,6 %. Pada siklus I pertemuan dan II, dapat dilihat bahwa pada pertemuan I siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 57,86%. Pada pertemuan II siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 68%. Dengan demikian dapat dilihat bahwa adanya peningkatan dari pra siklus sebelumnya. Selanjutnya pada siklus II pada pertemuan I dan II, dapat dilihat bahwa pada pertemuan I siswa memperoleh rata-rata 74,4%. Pada pertemuan siswa memperoleh nilai rata-rata 78,93%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SMP Negeri 03 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Hj. Hamidah, M.Pd
Keywords: Metode diskusi; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:16
Last Modified: 12 Feb 2024 03:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10173

Actions (login required)

View Item View Item