Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam meningkatkan minat siswa belajar matematika di pesantren Ma’had Darul Ikhlash Dalan Lidang Panyabungan.

Sari, Wida (2018) Upaya guru dalam meningkatkan minat siswa belajar matematika di pesantren Ma’had Darul Ikhlash Dalan Lidang Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00172.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah Kurangnya minat siswa belajar matematika,masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah upaya guru dalam meningkatkan minat siswa belajar matematika di pesantren ma’had darul ikhlsh dalan lidang panyabungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagai mana minat siswa belajar matematika, apa upaya guru dalam meningkatkan minat siswa belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana minat siswa belajar matematika dan apa upaya guru yang dilakukan dalam meningkatkan minat siswa belajara matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakn instrument pengumpulan data observasi, wawancara dan angket. Untuk pengolahan dan analisis data dilaksanakan secara kualitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan sumber data primer guru matematika dan siswa di pesantren ma’had darul ikhlash dalan lidang panyabungan, dan data skunder kepala sekolah, beberapa guru lainnya dan arsif-arsif sekolah. Berdasarkan hasil penelitian Minat belajar matematika siswa di pesantren Ma’had Darul Ikhlash Dalan Lidang Panyabungan yaitu: Berdasarkan hasil wawancara dan hasil perhitungan angket minat siswa belajara matematika diatas 70,18 %. Dapat disimpulkan minat siswa belajar matematika Pondok Pesantren Ma’had Darul Ikhlash Dalan Lidang Panyabungan bisa dikatakan sedang. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat siswa belajar matematika. Memberikan hadiah, memotivasi, memberikan pujian atau hukuman dan mempersiapkan humor-humor ringan yang dapat mengundang tawa siswa, dengan tujuan untuk menghindari kejenuhan atau kebosanan dalam belajar matematika, Memberikan soal latihan dan ulangan, menggunakan metode dan alat peraga yang sesuai dengan materi yang di ajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Dr. Hj. Asfiati, M.Pd
Keywords: Belajar Matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 27 Apr 2020 21:20
Last Modified: 23 Jul 2021 02:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1017

Actions (login required)

View Item View Item