Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan

Gunawan, Agung (2023) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa di SMP N 8 Padangsidimpuan dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Terutama di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan yang terdapat upaya guru dalam membimbing siswa untuk mengenali emosi, mampu mengelola emosi, mampu memotivasi diri sendiri, mampu mengenali emosi orang lain atau disebut empati dan mampu membina hubungan dengan orang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tingkat kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan? (3) Apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan?. Dan variabel X yaitu kecerdasan emosional dan variabel Y yaitu terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dan menggunakan ex post pacto. Pengertian penelitian korelasional adalah suatu tipe penelitian yang melihat hubungan antara satu atau beberapa ubahan dengan satu atau beberapa ubahan yang lain. Hasil penelitian dan pembahasannya. Data dikumpul melalui penyebaran angket instrument yaitu angket tentang kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa yang dilakukan terhada sample. Sebelum angket digunakan terlebih dahulu dilakukan validitas dan realibilitasnya yang sudah tercantum di Bab III. Berdasarkan hasil studi dokumentasi yang dilakukan peneliti yang diambil dari nilai rapor siswa di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan, maka diperoleh nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 78. Dari nilai rapor dapat diolah menjadi data berkelompok sebanyak 3 kelas dan kelas interval sepanjang 6. Diperoleh rata-rata (mean) sebesar 87,53 nilai tengah (median) sebesar 85 nilai yang sering muncul (modus) sebesar 93 dan standar deviasi sebesar 4,271 dan variansi sebesar 18,878

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fauziah Nasution, M.Ag dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:56
Last Modified: 07 Feb 2024 03:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10166

Actions (login required)

View Item View Item