Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran mu’allim dan mu’allimah dalam meningkatkan kualitas tahsin dan tahfidz di Pondok Pesantren An-Nur Kelurahan Panyanggar Padangsidimpuan

Lubis, Asriani Ramadani (2023) Peran mu’allim dan mu’allimah dalam meningkatkan kualitas tahsin dan tahfidz di Pondok Pesantren An-Nur Kelurahan Panyanggar Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100174.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah peneliti melihat bahwa ada mata pelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren An-Nur yang diwajibkan kepada santri/santriah dengan target hafalan 1 juz per semesternya. Sehingga saat tamat dari Pondok Pesantren ini, santri/santriah dapat mengemban hafalan sebanyak 12 juz jika sampai kelas XII. Dalam mata pelajaran tahfidz ini, masih terdapat santri/santriah yang hanya menghafalnya saja tanpa menguasai tahsinnya. Jadi, dalam meningkatkan kualitas tahsin dalam tahfidz di Pondok Pesantren ini maka diperlukan peran seorang Mu’allim dan Mu’allimah. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yaitu apa saja langkah-langkah yang dilakukan dalam menjalankan perannya sebagai Mu’allim dan Mu’allimah dan bagaimana upaya yang dilakukan Mu’allim/ah dalam meningkatkan kualitas tahsin dan tahfidz di Pondok Pesantren An-Nur Kelurahan Panyanggar Padangsidimpuan. Berdasarkan hal itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan Mu’allim/ah dalam menjalankan perannya dan juga mengetahui upaya yang dilakukan Mu’allim/ah dalam meningkatkan kualitas tahsin dan tahfidz. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus yang berdasarkan hasil data dan dokumen di lapangan. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peran Mu’allim dan Mu’allimah di Pondok Pesantren An-Nur adalah sebagai pembimbing, fasilitator, dan motivator serta menjadi contoh teladan yang baik. Adapun langkah-langkah yang dilakukan Mu’allim/ah dalam menjalankan perannya adalah dengan menyiapkan pembelajaran, menjelaskannya, lalu mengevaluasi pembelajaran. Upaya yang dilakukan Mu’allim dan Mu’allimah dalam meningkatkan tahsin dan tahfidz di Pondok Pesantren An-Nur adalah dengan membimbing santri/santriah dengan melakukan Halaqah dan terus memotivasi mereka dengan memberikan reward setiap semester kepada santri/santriah yang memenuhi target hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T., M.Si dan Nursri Hayati, M.A
Keywords: Peran; Mu’allim dan mu’allimah; Kualitas tahsin dan tahfidz
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:45
Last Modified: 07 Feb 2024 03:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10165

Actions (login required)

View Item View Item