Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy

Harahap, Alwinda Annisya Putri (2023) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah segala sesuatu yang digunakan dalam pendidikan, termasuk dalam pemilihan media. Salah satu media pendidikan Islam berupa bacaan adalah novel. Novel banyak mengandung nilai-nilai kehidupan. Di antara nilai-nilai tersebut adalah nilai pendidikan. Maka pada penelitian ini, peneliti tertarik meneliti nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy. Dengan memiliki akhlak, manusia dapat dianggap sebagai makhluk yang beradab. Untuk menumbuhkan akhlak terpuji diperlukan pembiasaan secara terus menerus melalui bimbingan dan pendidikan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Novel Api Tauhid Karya Habiburrahman El Shirazy?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kepustakaan (library research), metodenya yakni analisis isi (content analysis), yaitu mendeskripsikan dan menggambarkan masalah kemudian menganalisis dan menafsirkan data yang ada. Dalam penelitian ini yang ingin dianalisis isinya yaitu Novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy dan kemudian dipadukan dengan sumber-sumber yang mendukung. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy yakni akhlak kepada Allah SWT yang terdiri dari tawakkal, tawadhu’, bersyukur, dan bersedekah; Akhlak kepada Rasulullah SAW terdiri dari mencintai dan memuliakan Rasulullah; Akhlak kepada Kedua Orang Tua terdiri dari berbakti kepada kedua orang tua dan saling mendoakan; Akhlak kepada Diri Sendiri terdiri dari semangat menutut ilmu, menutup aurat, disiplin, dan bertanggung jawab; Akhlak kepada sesama manusia terdiri dari tolong menolong, saling mendoakan dan memuliahkan tamu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T., M.Si dan Nursri Hayati, M.A
Keywords: Nilai-nilai; Pendidikan akhlak; Novel Api Tauhid
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:40
Last Modified: 06 Feb 2024 08:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10163

Actions (login required)

View Item View Item