Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis metode pembiasaan terhadap kecerdasan spiritual siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu

Amalia, Cici (2023) Analisis metode pembiasaan terhadap kecerdasan spiritual siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100137.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Proses metode pembiasaan yang berkaitan dengan kecerdasan spiritual siswa, sudah diupayakan semaksimal mungkin. Namun, Guru dan siswa masih mengalami kesulitan dalam membiasakan hal-hal positif untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dikarenakan waktu yang didapatkan dalam pembelajaran sangat terbatas dan latar belakang siswa yang berbeda-beda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis metode pembiasaan terhadap kecerdasan spiritual siswa, apa saja langkah-langkah dalam menerapkan metode pembiasaan terhadap kecerdasan spiritual siswa dan bagaimana cara membina kecerdasan spiritual siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis metode pembiasaan terhadap kecerdasan spiritual siswa, langkah-langkah dalam analisis metode pembiasaan terhadap kecerdasan spiritual siswa dan cara membina kecerdasan spiritual siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian adalah guru, siswa dan kepala sekolah di Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Rantau Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data disajikan melalui proses penyajian data dan membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: (1) kecerdasan spiritual siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rantau Utara yakni dengan mendidik siswa dengan pembiasaan agar siswa memiliki kebiasaan yang baik dan akhlak mulia serta memberikan motivasi dengan kata-kata yang bijak dan memberikan petunjuk-petunjuk kepada siswa dengan jalan yang benar. (2) Keterkaitan metode pembiasaan dengan kecerdasan spiritual siswa yaitu dengan membiasakan hal-hal yang positif dalam diri siswa seperti membiasakan siswa untuk sholat dhuha, mengaji bersama, membiasakan datang tepat waktu dan membiasakan mengucapakan salam saat memasuki kelas. (3) Langkah-langkah dalam menerapkan metode pembiasaan dengan kecerdasan spiritual siswa yaitu menumbuh kembangkan akhlak siswa terhadap Allah SWT, melatih siswa hingga benar-benar paham dan bisa melakukan tanpa kesulitan dan apresiasi pada masing-masing siswa yang terbiasa melakukan kebaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Muhammad Amin, M.Ag dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Metode pembiasaan; Kecerdasan spiritual
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:43
Last Modified: 06 Feb 2024 07:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10160

Actions (login required)

View Item View Item