Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh gaya hidup dan harga produk terhadap keputusan pembelian pakaian second impor di Padangsidimpuan

Sibarani, Pebriani (2023) Pengaruh gaya hidup dan harga produk terhadap keputusan pembelian pakaian second impor di Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya masyarakat yang menjadi pelanggan dari produk pakaian second impor karena dipengaruhi oleh gaya hidup mengikuti trend terkini, selain itu produk pakaian second impor memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan pakaian lokal yang baru yang dijual di toko. Padahal pada kenyataannya praktik jual beli pakaian second impor tersebut dilarang oleh Kementerian Perdagangan melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 51/M-DAG/PER/7/2015 yang mana peraturan ini bertujuan untuk melindungi konsumen dari penyakit dan bakteri yang terbawa di pakaian-pakaian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan harga produk terhadap keputusan pembelian pakaian second impor di Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya hidup, harga, dan keputusan pembelian. Gaya hidup merupakan pola konsumsi yang menjadi pilihan seseorang mengenai bagaimana ia menggunakan waktu dan uangnya. Harga ialah sejumlah uang yang harus dibayar pelanggan terhadap produk yang dibeli. Keputusan pembelian adalah serangkaian pilihan yang diambil konsumen saat akan membeli produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan melakukan pertimbangan-pertimbangan tertentu secara sengaja, dan berdasarkan rumus Lemeshow jumlah sampel sebesar 96 orang. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26 sebagai alat hitung dengan uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji reabilitas, serta teknik analisis data dilakukan melalui korelasi Rank Spearman, Konkordansi Kendall’s W dan analisis regresi ordinal. Hasil uji korelasi Rank Spearman dapat disimpulkan bahwa nilai variabel gaya hidup atau Ha1 diterima dan memiliki koefisien korelasi bernilai positif. Berdasarkan hasil pengujian korelasi rank spearman dapat disimpulkan bahwa nilai variabel harga produk atau Ha2 diterima dan memiliki koefisien korelasi yang merupakan nilai positif. Berdasarkan hasil pengujian konkordansi kendall’s w menunjukan bahwa variabel gaya hidup dan harga produk atau Ha3 berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian pada pakaian bekas. Kemudian hasil regresi ordinal menunjukkan bahwa variabel gaya hidup dan harga produk dapat memengaruhi variabel keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, M.A dan Ihdi Aini, M.E
Keywords: Gaya hidup; Harga produk; Keputusan pembelian
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:27
Last Modified: 06 Feb 2024 04:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10155

Actions (login required)

View Item View Item