Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Dampak keberadaan komplek perkantoran terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Lubis, Ummi Habibah (2023) Dampak keberadaan komplek perkantoran terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Salambue Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930300009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan Komplek perkantoran Padangsidimpuan yang dapat membantu perekonomian masyarakat Salambue. Kondisi ekonomi masyarakat sebelum adanya komplek perkantoran belum stabil karena sebagian masyarakat salambue berprofesi sebagai Petani sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Setelah adanya komplek perkantoran Padangsidimpuan merubah sebagian profesi masyarakat salambue menjadi Pedagang, Pegawai Honor, Satpam dan tukang kantin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi ekonomi masyarakat masyarakat Salambue sebelum dan sesudah adanya komplek perkantoran dan untuk mengetahui dampak keberadaan komplek perkatoran terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Salambue Kecamatan Padangsidmpuan tenggara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif tentang objek yang diteliti melalui tulisan atau kata-kata yang di ucapkan serta perilaku yang diamati. Teori yang digunakan adalah teori dampak dari Gorys Kerap. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu, Pegawai honor, dan pelaku ekonomi, dan sumber data skunder yaitu tokoh adat dan Kepala desa yang dipandang cukup memberikan penjelasan. Hasil penelitian lokasi komplek perkantoran Padangsidimpuan sangat staregis karna mudah dijangkau, berada di wilayah tanah datar dan jauh dari pusat kota. Setelah adanya komplek perkantoran Padangsidimpuan ekonomi masyarakat mengalami kemajuan. Terdapat 25 dinas di komplek perkantoran. Bentuk usaha masyarakat di area komplek pedagang, pegawai komplek, satpam, dan penjaga kantin. Adapun dampak keberadaan komplek perkantoran Padangsidimpuan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di desa Salambue adalah terpenuhinya kebutuhan primer dan skunder seperti, meningkatnya ekonomi keluarga, hal ini dapat dibuktikan dengan membangun rumah,dan juga meningkatnya pendidikan dari yang sebelumnya tingkat SMA sekarang perguruan tinggi, selain itu dampak komplek perkantoran juga membuka peluang usaha yang baru bagi masyarakat Salambue seperti doorsmer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag dan Masrul Efendi Umar Harahap, M.Sos
Keywords: Dampak; Komplek perkantoran dan peningkatan ekonomi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:40
Last Modified: 02 Feb 2024 02:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10152

Actions (login required)

View Item View Item