Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran istri nelayan dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Kuala Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal

Nurjaini, Nurjaini (2023) Peran istri nelayan dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Kuala Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930300008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Gaji tidak tetap yang diperoleh oleh kepala keluarga sebagai nelayan di Desa Kuala Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal mendorong istri nelayan juga ikut bekerja agar dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Kebutuhan rumah tangga yang terpenuhi merupakan salah satu mencapai keluarga yang harmonis di dalam masyarakat sehingga mendorong pada kesejahteraan dalam rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran istri nelayan dalam meningkatkan ekonomi keluarga, untuk mengetahui hambatan istri nelayan dalam meningkatkan ekonomi keluarga, dan untuk mengetahui dampak ekonomi dari peran istri nelayan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan fenomena di ,lapangan mengenai Peran Istri Nelayan Dalam Menigkatkan Ekonomi Keluarga Di Desa Kuala Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu istri nelayan yang ikut berperan dalam kegiatan ekonomi 10 orang , dan sumber data sekunder yaitu dari Kepala Desa Kuala Batahan serta tetangga dari keluarga nelayan 4 orang yaitu Siti, Rini, Amelia, dan Mori. Hasil penelitian menunjukkan istri nelayan memiliki 4 peran dalam meningkatkan ekonomi keluarga yaitu sebagai pemasar ikan 3 orang, buruh pemilah ikan asin 3 orang, penjual lontong 2 orang, dan penjual lauk keliling 2 orang. Hambatan yang dirasakan istri nelayan dalam bekerja terdapat pada cuaca buruk seperti musim hujan dan musim badai terutama sebagai pemasar ikan dan buruh pemilah ikan asin dan hambatan lainnya yaitu tingkat persaingan yang tinggi, rata-rata istri nelayan di Desa Kuala batahan ikut bekerja sehingga menimbulkan persaingan yang tinggi terutama dalam berwirausaha dan buruh. Dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat diketahui bahwa peran istri nelayan di Desa Kuala Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing memberikan dampak positif, yaitu dapat dilihat dari peningkatan pendapatan keluarga sebesar Rp2.700.000/bulan atau 50,98% dari pendapatan total keluarga yang berjumlah Rp4.660.00 sehingga dapat terpenuhi kebutuhan rumah tangga, membiayai pendidikan anak sekolah, serta dapat menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Sholeh Fikri, M.Ag dan Maslina Daulay, M.A
Keywords: Peran istri; Meningkatkan ekonomi keluarga
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:28
Last Modified: 02 Feb 2024 02:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10151

Actions (login required)

View Item View Item