Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis peran pengelola Badan Usaha Milik Desa dalam meningkatkan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah di Desa Kampung Mudik Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah

Marbun, Herly Safitri (2023) Analisis peran pengelola Badan Usaha Milik Desa dalam meningkatkan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah di Desa Kampung Mudik Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930300006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Badan Usaha Milik Desa di Kecamatan Barus Desa Kampung Mudik perlu dioptimalkan karena keberadaannya yang memberikan kontribusi terhadap pendapatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan usaha milik desa, serta meningkatkan ekonomi masyarakat desa. Teori yang digunakan adalah teori peran dari Kozair yang menyatakan bahwa peran adalah seperangkat tingkah laku yang diharapkan oleh orang lain terhadap seseorang sesuai kedudukannya dalam suatu sistem. Peran dipengaruhi oleh keadaan sosial baik dari dalam maupun dari luar dan bersifat stabil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang digunakan untuk menceritakan fenomena yang terjadi dilapangan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengelolahan dan analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan ketekunan pengamatan serta tringulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa Peran merupakan sebuah kedudukan dimana seseorang dapat melakukan hak dan kewajiabannya sesuai dengan kedudukannya, maka dia sudah menjalankan perannya, BUMDes di dirikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pada umumnya dan anggota pada khususnya. Adapun peran BUMDes dalam meningkatkan UMKM di Desa Kampung Mudik yaitu sebagai fasilitator dan pendamping, penyuluh dan pengelola pupuk kompos. Program BUMDes sudah terlaksana dan masyarakat dapat merasakan dampak positifnya terlebih lagi adanya pengelolaan pupuk kompos, sehinga dapat membantu masyarakat dalam peningkatan pendapatannya. Saran dalam penelitian ini bagi pihak BUMDes agar lebih mengoptimalkan peran BUMDes sebagai suatu lembaga unit usaha pengolahan UMKM pupuk kompos yang bergerak dalam kegiatan membantu masyarakat serta memajukan kesejahteraan anggota pengelola pupuk kompos. Bagi anggota pengelola pupuk kompos sebaiknya lebih giat lagi untuk berusaha dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, menjalankan tugas nya sebagai pengelola. Serta memberikan pinjaman pupuk kompos kepada masyarakat agar terjalin kerjasama yang baik untuk kesejahteraan anggota. Bagi Peneliti Selanjutnya dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan referensi dalam pengkajian penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Armyn Hasibuan, M.Ag dan Esli Zuraidah Siregar, M.Sos
Keywords: Peran; BUMDes; Pendapatan UMKM
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:19
Last Modified: 02 Feb 2024 02:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10150

Actions (login required)

View Item View Item