Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pandangan pegawai pencatat nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara terhadap penerbitan kartu keluarga pada pernikahan di bawah tangan

Siregar, Masdelina (2023) Pandangan pegawai pencatat nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara terhadap penerbitan kartu keluarga pada pernikahan di bawah tangan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1810100013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Fokus pada penelitian ini adalah penerbitan Kartu Keluarga terhadap pernikahan di bawah tangan, dengan mengangkat dua permasalahan pokok yaitu 1) bagaimana prosedur penerbitan Kartu Keluarga terhadap pernikahan di bawah tangan? 2) bagaimana tanggapan Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Portibi terhadap penerbitan Kartu Keluarga pada pernikahan di bawah tangan? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif yaitu pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi serta studi dokumen. Penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengunpulkan data primer dan data sekunder terhadap fenomena yang sedang terjadi secara langsung. Adapun data primer dari penelitian ini adalah pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Lawas Utara dan KUA Kecamatan Portibi serta masyarakat yang mendapatkan kartu keluarga pada pernikahan di bawah tangan. Dan yang menjadi data sekunder dalam penelitian ini adalah buku, jurnal, publikasi pemerintah, serta situs atau sumber lain yang mendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerbitan Kartu Keluarga pada pernikahan di bawah tangan dapat dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Lawas Utara sebagaimana pada Peraturan Menteri berdasarkan pasal 34 Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pencatatan Sipil dengan melampirkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang diketahui 2 orang saksi akan tetapi ada syarat tambahan yaitu surat persetujuan istri terdahulu jika pihak suami pernah menikah. Dan adapun pihak Pegawai Pencatat Nikah Kecamatan Portibi menolak adanya pernikahan di bawah tangan karena dapat memberikan mudharat dan Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Portibi tidak membenarkan penerbitan Kartu Keluarga pada pernikahan di bawah tangan karena takut masyarakat akan menjadi terbiasa tidak mencatatkan pernikahan tersebut, akan tetapi Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Portibi juga tidak dapat menyalahkan Disdukcapil Kabupaten Padang Lawas Utara dalam menerbitkan Kartu Keluarga pada Pernikahan di Bawah Tangan karena kedudukan penerbitan Kartu Keluara pada Pernikahan di bawah tangan itu resmi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Muhammad Arsad Nasution, M.Ag dan Adi Syahputra Sirait, M.H.I
Keywords: Penerbitan; Kartu keluarga; Pernikahan di bawah tangan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012827 Islamic Court & Civil Procedure
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam/Ahwal Syakhsyiah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Feb 2024 09:10
Last Modified: 01 Feb 2024 09:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10146

Actions (login required)

View Item View Item