Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan penguasaan konsep limit dengan hasil belajar turunan siswa di kelas XI MAN Nagasaribu Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Nurholila (2018) Hubungan penguasaan konsep limit dengan hasil belajar turunan siswa di kelas XI MAN Nagasaribu Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang banyak di mamfaatkan dalam kehidunpan sehari-hari. Baik secara umum maupun secara khusus. Matematika juga sebagai salah satu studi yang dimulai dengan pengkajian bagian-bagian yang dikenal menuju arah yang tidak dikenal. Sama halnya dengan materi turunan diharapkan siswa harus menguasai penguasaan konsep limit . Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi limit yang dikarenkan dalam soal materi limit didalamnya terdapat tentang pengaruh variabel fungsi yang bergerak mendekati suatu titik terhadap titik lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara penguasaan konsep limit terhadap hasil belajar turunan siswa di Kelas XI MAN Nagasaribu. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eks post fakto yaitu menguji yang telah terjadi pada suatu objek. Instrument yang digunakan untuk kedua variabel adalah tes objektif bentuk essay dengan empat arternatif jawaban. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Nagasaribu yang terdiri dari 2 kelas dan mengambil semua siswa sebagai sampel yang berjumlah 46 orang. Pengumpulan data dianalisis dengan dua tahap. Tahap pertama, analisis deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran secara singkat, teratur dan jelas mengenai mean, median, modus, distribusi frequensi dan histogram dan variabel-variabel penelitian. Sedangkan tahap kedua, analisis inferensial yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang diajukan dengan menggunakan rumus product Moment (untuk mengetahui besarnya hubungan variabel X dengan Y) pada interval kepercayaan 95% serta rumus uji t (untuk uji signifikan variabel penelitian) pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan perhitungan mean (rata-rata) terdapat penguasaan siswa sebesar 74.768 dalam kategori “baik” dan mean (rata-rata) hasil belajar turunan siswa sebesar 76.50 dalam kategori “baik” dilanjutkan dengan uji Hipotesis dengan rumus product moment diperoleh dalam kategori cukup kuat. Sedangkan uji t, diperoleh nilai maka dapat disimpulkan bahwa sehingga hipotesis diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan konsep limit dengan hasil belajar turunan siswa di kelas XI MAN Nagasaribu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Maryam Nasution, M.Pd
Keywords: Konsep Limit; Hasil Belajar Turunan
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0802 Computation Theory and Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 27 Apr 2020 06:46
Last Modified: 22 Jul 2021 07:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1014

Actions (login required)

View Item View Item