Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Manajemen Kantor Urusan Agama dalam pembinaan keluarga sakinah di Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas

Nasution, Samsidar (2023) Manajemen Kantor Urusan Agama dalam pembinaan keluarga sakinah di Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930400003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat secara keseluruhan jika dilihat dari segi kualitas pelayanan tangibles maka Kantor Urusan Agama sejauh ini belum maksimal, hal ini terjadi karena dari segi pelayanan, kecepatan, dan ketepatan waktu dalam melakukan pekerjaan masih belum maksimal. Rumusan masalah bagaimana manajemen pembinaan keluarga sakinah pada masyarakat Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas ? Apa faktor pendukung dan penghambat di KUA Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas ? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan sebenarnya dilapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini berjumlah 9 orang diantaranya Kepala KUA sekaligus Pelaksana Keluarga Sakinah, Pelaksana Administrasi, 3 penyuluh, calon pengantin 2 orang dan masyarakat 2 orang. Hasil penelitian ini adalah bahwa manajemen di KUA terdiri dari, perencanaan (planning) yang telah terjadwal oleh kepala KUA dari segi waktu, hari, dan tanggal untuk kegiatan pembinaan keluarga sakinah, pengorganisasian (organizing) orang-orangnya telah ditentukan sesuai tugas diantaranya kepala KUA sebagai pemateri pembinaan keluarga sakinah, pelaksana administrasi melaporkan siapa saja yang sudah melengkapi akta buku nikah, kemudian penyuluh melaporkan hasil yang diperoleh dari masing-masing tanggung jawab yang diberikan, pelaksanaan (actuating) sudah memadai karena peserta datang sesuai yang mendaftar nikah, pengawasan (controlling) sudah baik karena kepala KUA langsung menangani kegiatan pembinaan tersebut. Pemateri pembinaan keluarga sakinah berjumlah 3 orang, adapun materi yang disampaikan yaitu tentang Rukun Islam, Rukun Iman, wudhu, thaharoh, hak dan kewajiban suami istri, kesehatan reproduksi, dan manajemen keluarga. Peserta yang mengikuti pembinaan keluarga sakinah 40-50 orang, pelaksanaannya 1 angkatan per 3 bulan atau 4 kali pembinaan dalam 1 tahun, waktu pembinaan dilaksanakan 2 jam. Tempat pelaksanaan pembinaan di aula kantor camat huristak padang lawas. Kemudian faktor pendukung terlaksananya kegiatan pembinaan di KUA meliputi, keseriusan calon pengantin untuk mendaftar nikah, keseriusan calon pengantin dalam mengikuti pembinaan keluarga sakinah, sedangkan faktor yang penghambat yaitu, pelayanan dari KUA yang belum maksimal, dan jumlah peserta yang melebihi kapatitas dalam pembinaan keluarga sakinah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Sholeh Fikri, M.Ag dan Hasbi Anshori Hasibuan, M.M
Keywords: Manajemen; KUA; Pembinaan keluarga sakinah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012826 Bimbingan & Penyuluhan Pernikahan (Marital Counselling)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012827 Islamic Court & Civil Procedure
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:46
Last Modified: 31 Jan 2024 03:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10132

Actions (login required)

View Item View Item