Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Swasta Al-Jumhuriyah Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas

Nasution, Syamsiar (2023) Upaya guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Swasta Al-Jumhuriyah Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100305.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar siswa, apa saja kendala-kendala guru Fiqih dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Al-Jumhuriyah kecamatan sosa kabupaten padang lawas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar siswa, untuk mengetahui kendala-kendala guru Fiqih dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Swasta Al-Jumhuriyah Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan secara deskriptif dengan menggunakan dengan menggunakan filed research di lapangan dan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Sumber data adalah primer dan sekunder, analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah upaya guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan berbagai cara seperti: memberi bimbingan belajar sesuai dengan yang dibutuhkan siswa. Memberikan motivasi belajar siswa yaitu dengan memberi nilai, memberi hadiah atau pujian, memberi tugas, memberi ulangan memberi hasil, gerakan tubuh, memberi hukuman dan memicu minat siswa. Membuat strategi dan metode yang bervariasi dan pendekatan mengajar dalam proses pembelajaran. Mengoptimalkan penggunakan media atau alat pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar siswa. Sedangkan kendala-kendala guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu: kurangnya minat belajar siswa, kurangnya sarana dan prasarana, dan kurangnya pengenalan guru terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Dame Siregar, M.A dan Hj. Hamidah, M.Pd
Keywords: Upaya; Guru; Fiqih; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:24
Last Modified: 31 Jan 2024 02:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10128

Actions (login required)

View Item View Item