Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan hasil belajar melalui model kooperati tipe jigsaw dengan media kertas lipat pada materi kelipatan bilangan siswa di Kelas IV SD Negeri 200223 Padang Sidempuan

Hasibuan, Siti Khodijah Darma (2023) Meningkatkan hasil belajar melalui model kooperati tipe jigsaw dengan media kertas lipat pada materi kelipatan bilangan siswa di Kelas IV SD Negeri 200223 Padang Sidempuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 200223 Padang Sidempuan, terutama pada pelajaran Matematika. Disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran, sehingga siswa merasa kurang tertarik dengan pembelajaran yang dilaksanakan. Siswa biasanya kurang memahami pelajaran saat mereka mempelajarinya. Akibatnya, proses pembelajaran menjadi tidak efisien, karena penggunaan metode pembelajaran belum menggunakan media yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media kertas lipat pada materi kelipatan bilangan siswa di kelas IV SD Negeri 200223 Padang Sidempuan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media kertas lipat pada materi kelipatan bilangan siswa di kelas IV SD Negeri 200223 Padang Sidempuan. Penelitian ini merupakan proyek penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kurt Lewin yang berisi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari atas peneliti sebagai guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 10 siswa perempuan dan 5 siswa laki- laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengamati aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media kertas lipat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya rata- rata hasil belajar siswa. Pada kondisi awal sebesar 29,6. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Jigsaw dan media kertas lipat pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 35. Siklus I pertemuan ke-2 sebesar 37. Siklus II pertemuan ke-1 sebesar 73,3. Siklus II pertemuan ke-2 sebesar 84,3. Dan persentase ketuntasan siswa setiap siklus sebagai berikut: pra siklus sebesar 13%, siklus I pertemuan ke-1 sebesar 20%, siklus I pertemuan ke-2 sebesar 27%, siklus II pertemuan ke-1 sebesar 60%, siklus II pertemuan ke-2 sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Hasil belajar kognitif; Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw; Media kertas lipat; Materi kelipatan bilangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:02
Last Modified: 31 Jan 2024 02:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10126

Actions (login required)

View Item View Item