Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis usaha pengolahan ikan asin dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Muara Nibung Kabupaten Tapanuli Tengah

Jambak, Jihan Elfi Rahmi (2023) Analisis usaha pengolahan ikan asin dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Muara Nibung Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200265.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Usaha pengolahan ikan asin di Kelurahan Muara Nibung terbukti dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Muara Nibung karena usaha ikan asin dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk sebagian masyarakat. Usaha pengolahan ikan asin memiliki 15 orang pengusaha di lokasi yang berbeda. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana analisis usaha pengolahan ikan asin dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Muara Nibung Kabupaten Tapanuli Tengah. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui usaha pengolahan ikan asin dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Muara Nibung Kabupaten Tapanuli Tengah. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, serta menggunakan analisis deskriptif subjek penelitian ini terdiri dari 15 pemilik usaha pengolahan ikan asin dan 33 masyarakat yang bekerja di usaha tersebut. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga komponen yaitu: Pengumpulan, Reduksi, Penarikan Kesimpulan. Pengabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yaitu pemilik usaha pengolahan ikan asin di Kelurahan Muara Nibung dapat meningkatkan penghasilan masyarakat seperti meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, pekerja, pengusaha yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar baik untuk kebutuhan sehari-hari, membiayai anak-anak serta membantu masyarakat yang kurang mampu di Kelurahan Muara Nibung dan sekitarnya. Serta, berkontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan, mengurangi pengangguran dan kemiskinan di Kelurahan Muara Nibung dan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Damri Batubara, M.A
Keywords: Usaha; Perekonomian masyarakat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:58
Last Modified: 30 Jan 2024 01:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10122

Actions (login required)

View Item View Item