Harahap, Gustina (2023) Problematika pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMK Al-Huda Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100330.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya problematika pembelajaran pendidikan agama Islam yang mana ada beberapa problematika yang dihadapi. Salah satu problem pendidik yaitu pendidik sebagian besar dari mereka belum memahami cara mendidik yang benar misalnya kesulitan menghadapi individu anak didik, kesulitan memilih materi yang cocok dengan peserta didik, kesulitan memilih metode yang tepat, kurangnya waktu dan perhatian terhadap siswa, termasuk juga pengaruh lingkungan. Problem peserta didik meliputi kurang memahami materi, kurangnya buku pegangan siswa, minat siswa yang rendah. Sehingga ketika proses pembelajaran siswa kurang aktif dan kurang meminati pelajaran tersebut, problem sarana prasarana yang mana tidak tersedianya media pembelajaran dalam bentuk alat praktek, buku perpustakan yang kurang memadai dan tempat ibadah yang kurang memadai. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa saja problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Al-Huda Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas, bagaimana solusi menghadapi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Al-Huda Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika yang dialami di SMK Al-Huda dan bagaimana solusi untuk menghadapi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya terjadi di lapangan. Kemudian instrumen pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dimana sumber pengambilan data penelitian ini ada dua yaitu primer dan skunder kemudian yang menjadi analisis datanya dimulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini mengemukakan beberapa problematika yang dihadapi termasuk problem pendidik, peserta didik, sarana prasarana. Problematika pendidik yaitu, kurang menggunakan media dan metode yang bervariasi, pengaruh lingkungan anak. Problem peserta didik mencakup minat siswa yang rendah, kurangnya perhatian guru, kurangnya buku paket. Selanjutnya problem sarana prasana salah satunya kondisi sekolah yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Rayendriani Fahmei Lubis, M.Ag |
Keywords: | Problematika; Pembelajaran pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 01:44 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 01:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10120 |
Actions (login required)
View Item |