Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pokok bahasan kubus dan balok di Kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan

Hasibuan, Mardianti (2023) Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pokok bahasan kubus dan balok di Kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang menganggap bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang kompleks, membingungkan dan rumit untuk dipahami sehingga siswa merasa kesulitan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah proses pembelajaran yang dilakukan guru dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VIII dan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah di validasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan khusus. Data dan analisis dengan uji t setelah terpenuhi normalitas dan homogenitas hasil penelitian tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 82,67 dan kelas kontrol sebesar 67,00. Ada pengaruh yang signifikan eksperimentasi model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Hasilnya diperoleh dari nilai signifikan 0,05 yaitu t_(hitung )> t_(tabel ) dengan taraf 5% sehingga 7,074 > 2,00172 maka H_0 ditolak H_a diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Model discovery learning; Kemampuan berpikir kritis; Kubus dan balok
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:28
Last Modified: 30 Jan 2024 01:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10118

Actions (login required)

View Item View Item