Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis pola asuh orangtua petani sawit dalam menerapkan pendidikan Agama Islam terhadap anak remaja mereka di Desa Aek Garingging Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal

Lubis, Roita (2023) Analisis pola asuh orangtua petani sawit dalam menerapkan pendidikan Agama Islam terhadap anak remaja mereka di Desa Aek Garingging Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100200.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis pola asuh orangtua petani sawit dalam menerapkan pendidikan agama Islam dalam menerapkan pendidikan agama Islam terhadap anak remaja mereka di Desa Aek Garingging Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal, bagaimana gambaran pembiasaan pengamalan shalat 5 waktu Remaja di Desa Aek Garingging Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal, dan apa saja kendala orangtua dalam menerapkan pendidikan agama Islam terhadap Remaja di Desa Aek Garingging Kabupaten Mandailing Natal. Pola asuh orangtua petani sawit dalam menerapkan pendidikan agama Islam terhadap anak remaja mereka di Desa Aek Garingging Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal adalah pola asuh permisif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode fenomenologis. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang temuan-temuannya menggunakan data kualitatif (berbentuk data, kalimat, skema, dan gambar. Penelitian fenomenologis merupakan penelitian dengan menjelaskan atau mengungkapkan makna konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu. Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang alami, sehingga tidak ada batas dalam memaknai atau memahami fenomena yang dikaji. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Dan sumber datanya adalah orangtua, anak remaja, kepala desa dan tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis pola asuh orangtua petani sawit dalam menerapkan pendidikan agama Islam terhadap anak remaja mereka di Desa Aek Garingging Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal adalah pola asuhPermisif, Sedangkan gambaran pembiasaan pengamalan shalat 5 wakturemaja belum terlaksana dengan sempurna dan masih sangat jauh dari kata sempurna karena dari ketiga remaja yang telah diwawancarai hanya shalat dzuhur dan magrib yang terlaksana dengan baik, selebihnya dilalaikan dan ditinggalkan. Dan kendala yang dihadapi orangtua petani sawit dalam menerapkan pendidikan agama Islam terhadap anak remaja dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu tingkat pendidikan orangtua, kondisi perekonomian keluarga, dan faktor masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. H. Syafnan, M.Pd dan Efrida mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Pola asuh orang tua; Pendidikan Agama Islam; Remaja
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:56
Last Modified: 17 Jan 2024 07:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10116

Actions (login required)

View Item View Item