Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Stategi pengembangan usaha home industry ikan asin dalam peningkatan ekonomi keluarga di Desa Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas

Nasution, Norani (2023) Stategi pengembangan usaha home industry ikan asin dalam peningkatan ekonomi keluarga di Desa Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200192.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang Masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya kendala dalam pemasaran ikan asin dan harga jual ikan asin sangat rendah, dimana kesegaran ikan asin cepat membusuk ataupun mudah rusak sehingga membuat sebagian penampung ikan (pasar) tidak menerimnya. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengembangan usaha home industry ikan asin dalam peningkatan ekonomi keluarga di Desa Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan usaha home industry dalam peningkatan ekonomi keluarga di Desa Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan manajemen strategi. Strategi adalah upaya dalam mengarahkan perusahaan agar misi perusahaan terwujud. Pengembangan usaha merupakan upaya dalam prosen persiapan tentang kesempatan pertumbuhan usaha. Strategi pengembangan usaha dalam perspektif islam lebih menekankan prinsip-prinsip bisnis secara islam yaitu costomer oriented, transparansi, bersaing secara sehat dan bersikap adil. Home Industry dan peran Home Industry dan ikan asin serta cara pembuatan ikan asin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek penelitian ini adalah 7 informan yang terdiri dari pemilik pengolahan ikan asin di Desa Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas dengan pengambilan sampel sumber data dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara analisis datanya yaitu reduksi data, pengumpulan (collection), penyajian (display), penarikan kesimpulan (drawing conclusions). Teknik keabsahan data dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber data. Hasil penelitian dan pengamatan yang telah dilakukan peneliti, Bahwa strategi pengembangan usaha yang dipakai oleh pihak pengusaha ikan asin dengan memberikan harga ikan asin dengan harga yang terjangkau, kualitas yang awet dan menyediakan sarana transportasi pengantaran ikan asin. Para pemilik usaha pengolahan ikan asin di Desa Panipahan juga mengembangkan usaha dengan cara memberikan inovasi baru terhadap produk yaitu mengembangkan usaha dengan mengolah makanan khas panipahan seperti abon kepiting, abon kerang dan lain sebagainya. Agar para pembeli ataupun para pelanggan dapat merasakan hasil olahan laut selain mengolah ikan asin ada juga makanan yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan Adanan Murroh Nasution, M.A
Keywords: Home industry; Ikan asin; Panipahan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:45
Last Modified: 16 Jan 2024 03:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10112

Actions (login required)

View Item View Item