Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di Kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan

Saradipa, Mutia (2023) Pengaruh model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di Kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang memilih diam dalam proses pembelajaran karena pemahaman siswa terhadap materi sistem persamaan linier tiga variabel masih kurang. Ketika diberikan soal yang berbeda dari contoh soalnya, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakannya. Hal ini yang mengakibatkan siswa tidak dapat mencapai nilai ketuntasan utnuk pelajaran matematika. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalahnya adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Diskursus Multi Refresentasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Di Kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Diskursus Multi Refresentasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel di Kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen jenis desain True Eksperimental Design dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan dan pengambilan sampelnya adalah cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah tes essay yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberikan perlakuan khusus yaitu menggunakan model pembelajaran Diskursus Multi Representasi an kelas kontrol tidak diberikan perlakuan khusus. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen hasil penelitian tersebut Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rat-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 84,38 dan kelas kontrol sebesar 81,94. Ada pengaruh yang signifikan eksperimentasi model pembelajaran diskursus multi refresentasi terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linier tiga variabeldi kelas X SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Hasil yang diperoleh dari nilai signifikansi 5% yaitu t_hitumg = 5,719 > t_tabel = 1,998 maka H_0 ditolak dan H_a diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran diskursus multi representasi; Hasil belajar matematika siswa; Sistem persamaan linier tiga variabel
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:37
Last Modified: 16 Jan 2024 03:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10111

Actions (login required)

View Item View Item