Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara

Hasibuan, Lina Sari Colextion (2023) Upaya guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100309.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya minat belajar bagi siswa, minat dapat dipahami sebagai kecendrungan untuk selalu memperhatikan dan mempelajari secara terus menerus yang disertai dengan adanya perasaan senang. Kegiatan belajar yang didorong oleh adanya minat akan berlangsung lebih lama dan akan mendapatkan hasil yang baik. Minat sangat besar pengaruhnya bagi siswa dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1. Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara, 2. Apa Kendala Yang Dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Penelitian yang menggambarkan secara apa adanya mengenai kondisi atau fenomena yang ada dilapangan tanpa dimanipulasi oleh peneliti dan kehadiran peneliti tidak mempengaruhi dinamika pada objek tersebut. Hasil dan Kesimpulan penelitian ini dikemukakan bahwa: 1. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara yaitu: Menggunakan metode yang bervariasi, Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan argumennya, Memberikan motivasi dengan kata-kata penyemangat sehingga mendorong keaktifan siswa dalam belajar, Menyimpulkan setiap materi yang disampaikan pada akhir pembelajaran. 2. Faktor Kendala Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara sebagai berikut: Faktor yang bersumber dari siswa diantaranya: Kesiapan belajar masih rendah, Kurang memahami tujuan pembelajaran, Kurang keaktifan belajar. Faktor yang bersumber dari lingkungan sekolah adalah Penguasaan terhadap media. Faktor yang bersumber dari lingkungan keluarga: Kemampuan ekonomi orang tua, Kurangnya perhatian orang tua terhadap siswa, Dan harapan orang tua yang terlalu tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Hamidah, M.Pd dan Dwi Maulida Sari, M.Pd.
Keywords: Minat belajar; Peran guru pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:22
Last Modified: 16 Jan 2024 03:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10109

Actions (login required)

View Item View Item