Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media mathjong trigonometri untuk meningkatkan daya ingat dan pemecahan masalah pada siswa Kelas X MIA MAN 1 Padangsidimpuan

HR, Ummi Rizqina Zahiroh (2023) Pengembangan media mathjong trigonometri untuk meningkatkan daya ingat dan pemecahan masalah pada siswa Kelas X MIA MAN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengingat dan menyelesaikan soal matematika pada materi trigonometri sub materi sudut istimewa dan identitas dasar trigonometri. Sekolah hanya menggunakan buku pelajaran sebagai media pembelajaran sehingga peserta didik menjadi pasif dan mudah bosan. Peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi atau sering lupa akan materi yang telah disampaikan oleh guru. Kurangnya daya ingat peserta didik dalam memahami materi trigonometri dan peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi trigonometri. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah: (1) Bagaimana validitas pengembangan media pembelajaran mathjong trigonometri untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas X MIA MAN 1 Padangsidimpuan; (2) Bagaimana praktikalitas pengembangan media pembelajaran mathjong trigonometri untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas X MIA MAN 1 Padangsidimpuan; dan (3) Bagaimana efektivitas pengembangan media pembelajaran mathjong trigonometri untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas X MIA MAN 1 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas media mathjong trigonometri yang telah dikembangkan untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas X MIA MAN 1 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Develeopment (R&D) dengan model pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIA MAN 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 30 orang. Instrument yang digunakan adalah angket validasi ahli media dan ahli materi, angket respon peserta didik dan guru serta tes hasil beajar peserta didik yang telah divalidasi sebelum dilakukannya penelitian. Hasil penelitian diperoleh: (1) Kevalidan media mathjong trigonometri berdasarkan ahli media dan ahli materi sebesar 89,3% dengan kriteria “sangat valid”. (2) Kepraktisan media mathjong trigonometri berdasarkan respon guru dan peserta didik sebesar 94,5% dengan kriteria “sangat praktis”. (3) Keefektifan media mathjong trigonometri berdasarkan hasil ketuntasan tes kemampuan daya ingat peserta didik sebesar 75,7% dan ketuntasan tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebesar 83,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Media mathjong; Trigonometri; Kemampuan daya ingat; Kemampuan pemecahan masalah; Model pendekatan ADDIE
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:07
Last Modified: 16 Jan 2024 03:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10107

Actions (login required)

View Item View Item