Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan orangtua dalam pembentukan perilaku sosial remaja di Desa Bahal Batu Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas

Harahap, Santi Okhtoria Utari (2023) Peranan orangtua dalam pembentukan perilaku sosial remaja di Desa Bahal Batu Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1730200063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah membentuk perilaku sosial remaja tidak terlepas dari peranan orangtua. Pentingnya peranan orangtua memiliki perilaku yang baik merupakan hal yang mutlak dimiliki agar anak dapat memperoleh Pendidikan yang baik. Anak pada dasarnya mengikuti kebiasaan dari orangtuanya. Sebagai seorang anak, tentunya dia akan selalu mengikuti perilaku orangtuanya yaitu kebiasaan orangtua. Dalam hidup di masyarakat perilaku sosial bermasyarakat remaja perlu ditanamkan atau dibentuk. Dalam hal ini sangat dibutuhkan peranan orangtua dalam membentuk perilaku sosial bermasyarakat remaja. Apabila peranan orangtua tidak bisa maksimal maka permasalahan tersebut akan menjadi permasalahan sosial yang dapat mengganggu kehidupan bermasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peranan orangtua dalam membentuk perilaku sosial remaja di Desa Bahal Batu Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peranan orangtua dalam membentuk perilaku sosial remaja di Desa Bahal Batu Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ialah kualitatif bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data. Subjek penelitian yaitu orangtua yang memiliki anak berusia 16-21 tahun di desa Bahal Batu sebagai data primer, sedangkan data sekundernya adalah Kepala desa, tokoh adat, tokoh agama, tetangga yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data, penyajian data, dan kesimpulan Hasil penelitian ini adalah Peranan orangtua dalam membentuk perilaku sosial di Desa Bahal Batu Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas adalah dengan memberikan pembiasaan, keteladanan, nasehat, Punishment kepada remaja agar remaja memiliki perilaku sosial yang baik. Perananan orangtua di Desa Bahal Batu Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas belum di laksanakan seluruhnya, orangtua melakukan beberapa metode seperti metode pembiasaan, keteladanan dan punishment (hukuman sehingga kondisi perilaku sosial remaja belum berkembang menjadi lebih baik. Faktor yang mempengaruhi peranan orangtua dalam membentuk perilaku sosial remaja di Desa Bahal Batu Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas adalah faktor ekonomi, besarnya jumlah saudara dan rendahnya pendidikan orangtua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Fauzi Rizal, S.Ag., M.A dan Dr. Riem Malini Pane, M.Pd
Keywords: Peranan orangtua; Perilaku sosial; Remaja
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:53
Last Modified: 16 Jan 2024 02:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10105

Actions (login required)

View Item View Item