Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan

Harahap, Ummiati (2023) Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini disebabkan oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa beberapa alasan diantaranya kurangnya penggunaan model pembelajaran yang biasanya dilakukan guru hanya dengan motede ceramah dan penugasan hal ini yang menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Untuk mengetahui ada peningkatan kemampuan berpikir kritis belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas V SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan/pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai guru,untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa instrumen yang digunakan yaitu berupa tes kemampuan berpikir kritis,observasi kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat sifat cahaya di kelas V SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dari pra siklus dengan rata rata dengan nilai kemampuan berpikir kritis 54,67, kemudian pada siklus I Pertemuan I dengan rata rata nilai kemampuan 71,5, melakukan perbaikan sehingga pada siklus I pertemuan II rata rata nilai kemampuan berpikir kritis 16,83. Berdasarkan presentase pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa belum mencapai kriterial ketuntasan minimum peneliti melanjutkan tindakan dengan melakukan perbaikan pada siklus II. Siklus IIpertemuan I memperoleh rata rata nilai kemampuan berpikir kritis 6,33 siklus II pertemuan II memperoleh rata rata nilai kemampuan berpikir kritis 77,83. Secara keseluruan kendala yang dihadapi pada siklus I dan II yaitu kurangnya penerapan model pembelajaran dan kemampuan guru dalam pengelolaan kelas, namun hal tersebut telah diperbaikidan telah mencapai kriterial ketuntasan minimum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Syafrilianto, M.Pd dan Dwi Maulida Sari, M.Pd
Keywords: Kemampuan berpikir kritis; Model inkuiri terbimbing
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:30
Last Modified: 16 Jan 2024 02:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10102

Actions (login required)

View Item View Item