Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan lintasan belajar pada pokok bahasan himpunan dengan menggunakan pendekatan kontekstual di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Chaniago, Fitri Sari Sofi Anni (2018) Pengembangan lintasan belajar pada pokok bahasan himpunan dengan menggunakan pendekatan kontekstual di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurang pahaman siswa terhadap konsep-konsep himpunan. Selain itu, guru belum memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami konsep himpunan. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Dengan adanya pengalaman nyata yang dilakukan oleh siswa dalam proses pembelajaran, maka diharapkan siswa mudah mengingat dan memahami materi himpunan sehingga memperoleh hasil belajar yang baik. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana validitas dan praktikalitas lintasan belajar melalui pendekatan kontekstual pokok bahasan himpunan di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan? . Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas lintasan belajar melalui pendekatan kontekstual pokok bahasana himpunan di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian design research tipe validation study yang bertujuan mengembangkan local instruction theory (LIT) dengan kerja sama antara peneliti dengan tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan dengan subjek ujicoba produk di kelas VII-3, berjumlah 22 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar melalui pendekatan kontekstual dikatakan valid dan praktis. Kevalidan lintasan belajar ditunjukkan dengan nilai 79 dari analisis 3 validator. Kepraktisan lintasan belajar ditunjukkan dengan nilai 88 dari angket respon siswa, terlaksananya seluru komponen. Pendekatan kontekstual pada proses pembelajaran dan tertariknya siswa dalam mempelajari materi himpunan melalui media D’Venntatik. Lintasan belajar yang dihasilkan pada penelitian ini berupa aktivitas-aktivitas yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, dimana tujuan pembelajarannya yaitu untuk memahami konsep himpunan, konsep diagram venn dan operasi himpunan (gabungan dan irisan)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si, M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Lintasan Belajar; Pendekatan Kontekstual; Himpunan.
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 27 Apr 2020 05:00
Last Modified: 22 Jul 2021 07:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1010

Actions (login required)

View Item View Item