Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran testimoni dan selebgram endorsement pada e-commerce melalui Instagram (studi pada mahasiswa FEBI UIN Syahada)

Sitompul, Fenni Agustin (2023) Peran testimoni dan selebgram endorsement pada e-commerce melalui Instagram (studi pada mahasiswa FEBI UIN Syahada). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200175.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Lemahnya minat beli mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam dalam online shop dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kurangnya kepercayaan terhadap produk (barang/jasa) yang ditawarkan karena sering merasa kecewa dengan produk (barang/jasa) yang dibeli tidak sesuai dengan gambar yang diberikan, sehingga perlu adanya faktor-faktor lain yang dapat menumbuhkan minat beli seperti pengguna iklan testimoni dan selebgram endorsment. Sehingga rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran testimoni dan selebgram endorsment terhadap minat pembelian pada e-commerce shop, bagaimana minat pembelian pada e-commerce shop melalui media sosial instagram Mahasiswa Tujuan untuk mengetahui peran testimoni dan selebgram endorsment terhadap minat pembelian pada e-commerce shop, untuk mengetahui minat pembelian pada e-commerce shop melalui media sosial instagram mahasiwa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengenai peran testimoni dan selebgram yang berkaitan dengan pengertian minat pembelian,faktor-faktor minat pembelian dan tahap minat pembelian, tetimoni, keunggulan testimoni, tolak ukur testimoni, selebgram endorsment, jenis-jenis endorser, e-commerce, keuntungan e-commerce, kerugian e-commerce, instagram, sejarah instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan sumber data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dengan jumlah informan 30 mahasiswa dan teknik analisis data dengan reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa testimoni dan selebgram endorsment dapat berperan minat pembelian pada e-commerce shop pada Mahasiswa dilihat dari Mahasiswa yang berbelanja dalam aplikasi instagram. Oleh karena toko online perlu memperhatikan penggunaan testimoni dan selebgram endorsment dalam pemasaran mereka untuk meningkatkan penjualan dan kepercayaan calon pembeli terhadap produk yang dijual. Minat pembelian pada e-commerce shop melalui media sosial instagram mahasiswa, mahasiswa perlu melihat beberapa dari segi kualitas, harga, kemudahan transaksi juga beperan dalam pembelian, peran media sosial instagram juga dapat mempengaruhi minat pembelian. Oleh karena itu, penting bagi toko online untuk memahami karakteristik pada preferensi konsumen mereka agara dapat meningkatakan minat pembelian melalui media sosial instagram

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Ferri Alfadri, S.E.I., M.E
Keywords: Instagram; Minat pembelian; Selebgram endorsment; Testimoni
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:51
Last Modified: 16 Jan 2024 01:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10097

Actions (login required)

View Item View Item