Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh inovasi dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen kopi merek Tabo Sipirok Coffee

Pakpahan, Yenni Khoiriah (2023) Pengaruh inovasi dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen kopi merek Tabo Sipirok Coffee. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Tabo Sipirok Coffee adalah sebuah usaha yang memasarkan produk kopi, yang mana pada saat ini produk tersebut mulai berkembang di kalangan masyarakat akan tetapi usaha tersebut memiliki daya saing yang kuat sehingga perusahaan terus memerlukan inovasi dan kualitas produk sebagai hal yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Maraknya usaha kopi saat ini mengharuskan usaha Tabo Sipirok Coffee untuk terus meningkatkan kualitasnya guna untuk keberlangsungan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada kopi merek Tabo Sipirok Coffee. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang inovasi, kualitas produk dan teori tentang kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 68 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah acsidental sampling artinya yaitu teknik pengumpulan data dari unit sampling yang sudah diketahui tanpa menetapkan pengambilan sampel terlebih dahulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji determinasi (R2), uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f) dengan pengolahan data menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis terdapat pengaruh positif antara inovasi produk secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada kopi merek Tabo Sipirok Coffee dan terdapat pengaruh prositif antara kualitas produk terhadap kepuasan konsumen secara parsial pada kopi merek Tabo Sipirok Coffee. Hasil uji F terdapat pengaruh antara inovasi dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen secara simultan pada kopi merek Tabo Sipirok Coffee. Berdasarkan hasil penelitian ini inovasi produk dan kualitas produk memberikan banyak pengaruh terhadap kepuasan konsumen sehingga hal tersebut perlu untuk selalu di tingkatkan, akan tetapi masih ada terdapat beberapa pengaruh terhadap kepuasan konsumen yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si
Keywords: Inovasi; Kepuasan konsumen; Kualitas produk
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:46
Last Modified: 16 Jan 2024 01:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10096

Actions (login required)

View Item View Item