Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 004 Sihepeng Kabupaten Mandailing Natal

Rangkuti, Bulan Sari (2023) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 004 Sihepeng Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500176.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang pada masalah ini adalah siswa belum sepenuhnya tuntas dalam hasil belajar pada materi perubahan wujud benda, siswakelas V SDN 004 Sihepeng memiliki nilai hasil belajar yang masih rendah, hal ini bisa terlihat dari sikap dan jawaaban siswa pada saat belajar ilmu pengetahuan alam, dan saat diberikan tes awal mengenai perubahan wujud benda. Penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V SDN 004 Sihepeng. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda melalui model PjBL di kelas V SDN 004 Sihepeng?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi perubaha wujud benda melaului model PjBL di kelas V SDN 004 Sihepeng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode siklus. Dalam penelitian ini peneliti bertugas sebagai guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 004 Sihepeng. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif. Hasil penelitian adalah bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 004 Sihepeng mengalami peningkatan melalui pembelajaran menggunakan model PjBL. Penigkatan hasil belajar siswa ditunjukkan pada nilai rata-rata siklus I pertemuan I 63,33%, siklus I pertemuan II 70%. Dan nilai rata-rata siklus II pertemuan I 75,83%, siklusi II pertemuan II 86,66% . Karena peningkatan hasil belajar sudah mencapai ssesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi perubahan wujud benda pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Dr. Almira Amir, M.Si
Keywords: Model PjBL; Materi perubahan wujud benda; Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:48
Last Modified: 09 Jan 2024 04:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10088

Actions (login required)

View Item View Item