Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar IPA dengan menggunakan metode outdoor study pada siswa Kelas III SD Negeri 101503 Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais Tapanuli Selatan

Silalahi, Nadia Hariyani (2023) Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar IPA dengan menggunakan metode outdoor study pada siswa Kelas III SD Negeri 101503 Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500115.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian situasi pembelajaran IPA di kelas III yang masih kurang dalam minat belajar. Hal ini terlihat saat guru menjelaskan materi siswa tidak sepenuhnya memberikan perhatiannya dalam pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari kegiatan yang dilakukan oleh siswa pada saat pembelajaran berlangsung, siswa terlihat gelisah, jenuh, bahkan ada siswa yang terlihat mengantuk, siswa sering permisi keluar masuk dari ruangan, terlambat datang dan siswa sering melihat ke arah jendela. Hal ini terjadi karena guru saat mengajar hanya monoton menggunakan buku, karena hal itu siswa merasa terkurung di dalam kelas. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode outdoor study dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 101503 Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode outdoor study. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SD Negeri 101503 Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais Tapanuli Selatan sebanyak 19 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode outdoor study pada materi ciri-ciri makhluk hidup dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Hal ini terlihat pada siklus I pertemuan I dari hasil analisis lembar observasi siswa yang terlaksana dengan persentase 50,5%, kemudian pada siklus I pertemuan II dari hasil analisis lembar observasi siswa yang terlaksana dengan persentase 56,8%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I dari hasil analisis lembar observasi siswa yang terlaksana lebih meningkat dari pada siklus sebelumnya dengan persentase 75,2%, kemudian pada siklus II pertemuan II dari hasil analisis lembar observasi siswa yang terlaksana dengan persentase 90,2%, dengan peningkatan yang diperoleh maka siklus diberhentikan pada siklus II. Jadi dapat dilihat bahwa ada peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan metode outdoor study pada ciri-ciri makhluk hidup di kelas III SD Negeri 101503 Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Nur Fauziah Siregar , M.Pd
Keywords: Minat belajar; Metode outdoor study; Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:37
Last Modified: 09 Jan 2024 04:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10087

Actions (login required)

View Item View Item