Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 100405 Hutapadang Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan

Sitorus, Masliana (2023) Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 100405 Hutapadang Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang pada masalah ini adalah masih banyak siswa yang kurang berinteraksi dengan teman sebayanya dan tidak aktif pada saat kegiatan belajar secara kelompok sebagian siswa tidak mengerjakan tugas tepat pada waktunya hal ini di sebabkan oleh siswa masih menunggu jawaban dari temannya. Masih kurangnya sopan santun yang di akibatkan oleh pergaulan teman sebaya yang dimana siswa mengikuti perilaku teman sebaya yang kurang baik, seperti merokok, berkata kasar kepada teman dan bahkan kepada gurunya. Rumusan Masalah penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 100405 Hutapadang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 100405 Hutapadang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dan Sesuai dengan masalah yang dikemukakan, maka penelitian ini tergolong pada penelitian Ex-Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di kelas IV,V dan VI yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data yang digunanyakan yaitu menggunakan angket/ koesioner dan nilai raport. Pengolahan dan analisis data menggunakan Uji Validitas dan Realibitas dengan bantuan SPSS dan Mc. Exel. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang lemah dan tidak signifikan antara Pergaulan Teman Sebaya (X) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y). Hal ini ditandai dengan sumbangan efetifnya sebesar 0.8 %. Sedangkan nilai signifikansinya dapat dilihat melalui uji ‘t”. Melalui uji “t” yang telah dilakukan ternyata diperoleh thitung = 0.555 sedangkan ttabel = 2.024. Oleh karena itu thitung 0.555 < ttabel 2.024. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang lemah dan tidak signifikan variabel Pergaulan Teman Sebaya (X) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) dengan bentuk hubungan linier garis regresi Ŷ = 72,946+ 0.058 X. Persamaan garis regresi ini menjelaskan bahwa faktor Pergaulan Teman Sebaya (X) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) akan meningkat sebesar 72,946+ 0.058 = 73.004 satuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamidah, M.Pd dan Dwi Maulida Sari, M.Pd
Keywords: Pergaulan teman sebaya; Hasil belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:31
Last Modified: 09 Jan 2024 04:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10086

Actions (login required)

View Item View Item