Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar Swasta Nomor 100620 Muhammadiyah Sorik Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Galingging, Tri Jaya Putri (2023) Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar Swasta Nomor 100620 Muhammadiyah Sorik Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa tidak memiliki keberanian untuk bertanya apa yang tidak diketahuinya sehingga perlu digunakan perubahan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar Swasta Nomor 100620 Muhammadiyah Sorik Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia disebabkan karena kurangnya model pembelajaran yang bervariasi, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick sehingga siswa lebih berani untuk bertanya apa yang tidak diketahuinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan suatu objek, dimana pada penelitian ini yang menjadi objek adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Swasta Nomor 100620 Muhammadiyah Sorik Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan yang berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus pada setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti memberikan tes untuk melihat peningkatan yang diperoleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick meningkat. Hasil belajar pada siklus I Pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 61,42 dengan persentase ketuntasan 35,71%. Pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata 64,28 dengan persentase ketuntasan 42,85%. Selanjutnya hasil belajar pada siklus II Pertemuan I diperoleh nilai rata-rata siswa 70,71 dengan persentase 64,28% dan hasil belajar pada siklus II pertemuan II meningkat lagi dengan nilai rata-rata 79,28 dengan persentase ketuntasa 85,71%. Dengan peningkatan yang diperoleh, maka siklus dihentikan sampai siklus II. Jadi dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada materi Ciri-Ciri Puisi di kelas IV Sekolah Dasar Swasta Nomor 100620 Muhammadiyah Sorik Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran talking stick
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:13
Last Modified: 09 Jan 2024 04:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10085

Actions (login required)

View Item View Item