Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis praktek ghasab tanah ditinjau dari kompilasi hukum ekonomi syariah (studi kasus di Desa Galabonang Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas)

Harahap, Henni Novita (2023) Analisis praktek ghasab tanah ditinjau dari kompilasi hukum ekonomi syariah (studi kasus di Desa Galabonang Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1810200050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Dalam hukum Islam bercocok tanam ataupun menanami tanah dengan tanaman merupakan perbuatan yang diperbolehkan selama tidak ada aturan hukum Syara' yang melarangnya. Namun praktek ghasab yang dilakukan pak Bejo di Desa Galabonang Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas semena mena menggunakan dan memanfaatkan tanah yang bukan miliknya dengan menanami tanaman seperti pokok rambutan, Dari latar belakang diatas penulis menggunakan rumusan masalah (1.) Bagaimana praktek Ghasab di Desa Galabonang Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas ? (2.) Bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktek ghasab di Desa Galabonang Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas ? Dalam penulisan ini Peneliti meneliti berdasarkan studi lapangan (field research) dengan memuat kesaksian dari masyarakat berupa wawancara dan buku dari sumber lainnya, kemudian dalam penelitian ini peneliti memuat data –data primer sekunder, dan tersier. Berdasarkan hasil penelitian lapangan, dapat disimpulkan bahwa menghalang halangi pihak atau pihak-pihak untuk menggunakan kekayaannya dan Mengingkari keberadaan wadi'ah big termasuk perampasan dan pelaku perampasan benda tetap wajib mengembalikan benda itu kepada pemiliknya tanpa penambahan atau pengurangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag dan Sawaluddin Siregar, M.A
Keywords: Ghasab; Kompilasi hukum ekonomi syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012713 al-Muzara’ah, al-Mukhabarah, al-Musaqah, al-Mugharasah (Pemanfaatan Lahan Pertanian)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012719 al-Syuf'ah (Pengambil-alihan atau Pembelian Paksa)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:35
Last Modified: 09 Jan 2024 02:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10078

Actions (login required)

View Item View Item