Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Praktik akad perjanjian tanah sawah muzara’ah di Batunadua Jae Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua

Siregar, Nur Aisyah (2023) Praktik akad perjanjian tanah sawah muzara’ah di Batunadua Jae Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1810200010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perjanian antarapemilik sawah dan penggarap sawah dalam sistem bagi hasil yang dimana kedua belah pihak melakukan akad perjanjian itu tidak tertulis melainkan dengan lisan sehingga pemilik tanah mengambil keuntungan dari hasil penggarap sawah sehingga pemilik sawah lebih banyak mendapat hasil dibandingkan penggarap sawah padahal mereka sama-sama mengeluarkan uang untuk biaya seperti pupuk, bbibt, dan lainnya. pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah di Batunadua Jae dalam akad perjanjian tanah sawah Muzara’ah antarapenggarap sawah dan pemilik tanah dalam segi pembagian hasilnya belum sesuai dengan akad yang sudah disepakati diawal dimana pemilik sawah mengambil keuntungan dari hasil pertanahan yang sudah digarap dan penggarap merasadirugikan karena sebagian dari hasilnya diambil oleh pemilik tanah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan serta menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik penelitian dalam mengumpulkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akadperjanjian tanah sawah Muzara’ah yang ada di Batunadua rata-rata melakukan akad perjanjian itu dengan lisan bukan tulisan sehingga pemilik lahan bisa mengambil kesempatan untuk bisa mengambil keuntungan untuk memperkaya diri sendiri dan penggarap merasa dirugikan baik secara tenaga dan dirugikan dalam pembagian hasil tanaman tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Muhammad Arsad Nasution, M.Ag dan Nurhotia Harahap, M.H
Keywords: Akad; Perjanjian
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012713 al-Muzara’ah, al-Mukhabarah, al-Musaqah, al-Mugharasah (Pemanfaatan Lahan Pertanian)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:25
Last Modified: 09 Jan 2024 02:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10077

Actions (login required)

View Item View Item