Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode gallery walk untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi persegi panjang Kelas VII di MTs S Ittihadiyah Aek Korsik

Siregar, Nurullisa (2023) Penerapan metode gallery walk untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi persegi panjang Kelas VII di MTs S Ittihadiyah Aek Korsik. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah masih kurangnya kemampuan komunikasi matematis pada materi persegi panjang di MTs S Ittihadiyah Aek Korsik masih tergolong rendah. Hal ini terbukti dengan data nilai kemampuan komunikasi masih kurang maksimal. Maka dari itu, perlu diadakan perubahan meningkatkan kemampuan komunikasi melalui penerapan metode Galley Walk merupakan metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk membuat suatu daftar baik berupa gambar maupun (pameran berjalan). Dengan penerapan metode Gallery Walk dapat meningkatkan kemampuan komunikasimatematika siswa pada materi persegi panjang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Matematika siswa melalui penerapan metode Gallery Walk materi persegi panjang di kelas VII MTs S Ittihadiyah Aek Korsik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Matematika siswa melalui penerapan metode Gallery Walk materi persegi panjang di kelas VII MTs S Ittihadiyah Aek Korsik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus satu terdiri dari 2 kali pertemuan, sedangkan siklus kedua 2 kali pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa. Intrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah butir soal tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini mengunakan analisis dekstriftif kualitatif dan kuantitaf. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan mengunakan metode Gallery Walk. Pada pra siklus jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa dengan presentase ketuntasan 32% dan nilai rata rata kelas 58,8. Pada siklus 1 pertemuan 1 peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa meningkat dengan nilai rata rata 66 dan persentase ketuntasan 52% jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa, kemudian pada sisklus 1 pertemuan 2 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 dengan nilai rata rata 69,2 dan presentase ketuntasan 66%. pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa dengan nilai rata rata 74 dan presentase ketuntasan 80%. Siklus 2 pertemuan 2 jumlah yang tuntas 22 siswa dan persentase siswa yang tuntas 88% nilai rata rata 76,6.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T., M.Si dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Meningkatkan kemampuan komunikasi gallery walk
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:08
Last Modified: 09 Jan 2024 02:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10075

Actions (login required)

View Item View Item