Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan komunikasi orangtua dalam pembentukan konsep diri remaja di Kelurahan Kantin Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan

Siregar, Meilinda Sari (2023) Penerapan komunikasi orangtua dalam pembentukan konsep diri remaja di Kelurahan Kantin Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1730200021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah penyimpangan perilaku remaja yang menunjukkan konsep diri negatif yang ada di Kelurahan Kantin mengalami penyimpangan. Banyak anak remaja yang melakukan Pelanggaran-pelanggaran sosial diantaranya remaja suka melawan dan kasar terhadap orangtua, remaja juga memiliki sikap yang kurang sopan terhadap orangtua dan teman sebayanya, remaja sering melawan orangtua serta malas untuk membantu orangtua dan remaja tidak mampu mengembangkan potensi dalam dirinya.. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keadaan konsep diri remaja dan bagaimana penerapan komunikasi orangtua dalam membentuk konsep diri remaja di Kelurahan Kantin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep diri remaja dan penerapan komunikasi orangtua dalam membentuk konsep diri remaja di Kelurahan Kantin. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pikiran khususnya tentang bagaimana penerapan komunikasi yang sesuai dengan pengembangan konsep ilmu bimbingan konseling Islam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi. Komunikasi orangtua adalah komunikasi yang mana dalam proses pertukaran informasi diantara seseorang dengan lainnya atau diantara dua orang yang dapat deketahui. Konsep diri adalah pandangan diri individu mengenai siapa diri individu dan hanya bias diperoleh melalui informasi yang diberikan orang lain kepada diri sendiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun data primer diperoleh dari lapangan dengan mengamati dan mewawancarai orangtua dan anak remaja dan data Sekunder diperoleh dari sumber bacaan dan berbagai sumber lainnya. Adapun hasil dari penelitian ini diketahui bahwa remaja masih cenderung menutup diri serta suka merehmehkan orang lain, maka dari itu perlunya bimbingan dan arahan orangtua kepada remaja agar remaja memiliki perilaku yang baik sehingga remaja dapat menggembangkan potensi yang ada dalam dirnya dengan percaya diri. Kemudian penerapan komunikasi orangtua dalam membentuk konsep diri remaja cukup efektif karena peran orangtua cukup berpengaruh dalam membentuk konsep diri anak remaja mereka baik dari segi fisik dan psikisnya karena guru yang paling pertama bagi seorang anak adalah orangtua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Risdawati Siregar, S.Ag., M.Pd
Keywords: Penerapan; Komunikasi; Orangtua
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:56
Last Modified: 09 Jan 2024 01:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10073

Actions (login required)

View Item View Item