Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 040 Hutagodang Muda Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Rahayu, Gusti (2023) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 040 Hutagodang Muda Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal tersebut dikarenakan guru kurang kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran yang akibatnya pembelajaran menjadi monoton dan membosankan sehingga siswa tidak memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas IV SD Negeri 040 Huta Godang Muda Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal dapat meningkatkan hasil belajar?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan teman sejawat dan guru kelas IV. Penelitian ini terdiri dari II siklus, setiap I siklus terdiri dari II pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Negeri 040 Hutagodang Muda Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal yang berjumlah 34 siswa. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara tes berupa soal pilihan ganda. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040 Huta Godang Muda Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Hal ini dibuktikan dari hasil tes awal sebelum menggunakan metode demonstrasi hanya 21,05% (7 siswa) yang tuntas KKM sedangkan 78,95% (27 siswa) yang tidak tuntas. Nilai rata-rata tes awal sebesar 37,36. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar dari 34 siswa ada 27 siswa (79,41%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Dengan demikian ada 7 orang siswa (20.59%) yang belum tuntas. Rata-rata pada siklus I yaitu 75. Pada siklus II, siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar sebanyak 32 orang (94,11%). Oleh karena itu, masih ada 2 orang siswa (5,89%) yang belum tuntas. Memperoleh nilai rata-rata pada siklus II dengan skor 78.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Metode demontrasi; Hasil belajar; Pembelajaran IPA; Materi sumber energi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:38
Last Modified: 09 Jan 2024 01:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10071

Actions (login required)

View Item View Item