Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran Dinas Pariwisata dalam pemeliharaan dan perlindungan batas sempadan Pantai Natal Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal ditinjau dari fiqh siyasah

Aini, Sarida (2023) Peran Dinas Pariwisata dalam pemeliharaan dan perlindungan batas sempadan Pantai Natal Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal ditinjau dari fiqh siyasah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1910300027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Dinas pariwisata sangat berperan dalam pemeliharaan dan perlindungan batas sempadan pantai Natal. Karena yang paling mengetahui situasi dan kondisi objek wisata tersebut ialah Dinas Pariwisata. Dinas Pariwisata juga dibantu oleh pemerintahan daerah kota Natal. Sebagai kawasan objek wisata yang cukup produktif dan mampu meningkatkan perekomomian daerah dan masyarakat, peran pemerintah juga diperlukan dalam memberikan Klasifikasi, pengawasan dan pembinaan kepada masyarakat dalam kegiatan masyarakat, diharapkan dengan adanya kegiatan dapat menunjang meningkatkan ekonomi masyarakat.. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Penelitian ini didasarkan atas karakteristik pertanyaan peneliti, ketegasan, dan kekuatan dalam analisis, perspektif yang khusus dan unik untuk menghasilkan realitas yang menyeluruh. Data tersebut berasal dari observasi dan wawancara. Jadi penelitian ini berisi kutipan data untuk memberikan gambaran terkait yang akan diteliti oleh peneliti. Hasil penelitian ini adalah peran dinas pariwisata dalam pemeliharaan dan perlindungan sempadan pantai Natal telah berupaya dalam pemeliharaan dan perlindungan batas sempadan pantai Natal. Karena yang paling mengetahui situasi dan kondisi objek wisata tersebut ialah Dinas pariwisata Sehingga memiliki daya tarik wisatawan yang kuat, selain itu dinas pariwisata juga dibantu oleh pemerintahan daerah kota Natal. Ada beberapa kendala yang di alami dinas periwisata dalam pemeliharaan dan perlindungan batas Sempadan pantai Natal Kecamatan Mandailing Natal yaitu dana yang terbatas, lokasi geografis objek wisata, serta kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sempadan pantai. Faktor pendukung dinas pariwisata dalam pemeliharaan dan perlindungan batas sempadan pantai Natal kecamatan Natal yaitu, melakukan kerja sama antar pemerintah, swasta dan masyarakat, menyediakan sarana dan prasarana, serta memberikan pelatihan bagi masyarakat sekitar objek wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmatnijar, M.Ag dan Khoiruddin Manahan Siregar, M.H
Keywords: Pantai; Pariwisata; Pemeliharaan; Perlindungan; Fiqh siyasah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Jan 2024 08:50
Last Modified: 03 Jan 2024 08:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10062

Actions (login required)

View Item View Item