Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya orangtua dalam melatih shalat wajib pada keluarga petani di Desa Parandolok Mardomu Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Siti Nuraisah Rahmadani (2021) Upaya orangtua dalam melatih shalat wajib pada keluarga petani di Desa Parandolok Mardomu Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya orangtua dalam melatih ibadah shalat wajib pada keluarga petani di Dusun Parsorminan Desa Parandolok Mardomu Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, bagaimana program latihan pembiasaan penerapan shalat wajib pada keluarga petani, apakah hambatan orangtua dalam melatih ibadah shalat wajib pada keluarga petani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya orangtua dalam melatih ibadah shalat wajib pada keluarga petani di Dusun Parsorminan Desa Paran Dolok Mardomu Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, untuk mengetahui program latihan pembiasaan penerapan shalat wajib pada keluarga petani, untuk mengetahui faktor penghambat orangtua dalam melatih ibadah shalat wajib pada keluarga petani. Metode penelitian ini adalah kualitatifdeskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan menggambarkan secara sistematik, factual dan akurat mengenai fakta serta hubungan antara fenomena yang diteliti. Penelitian ini berusaha menggambarkan situasi atau kejadian. Data yang dikumpulkan semata-mata deskriptif, sehingga tidak bermaksud mencari penjelasan, menguji hipotesis, membuat prediksi, mempelajari suatu implikasi. Oleh karena itu dalam peneltian ini tidak ada pengujian hipotesis. Upaya orangtua terhadap melatih ibadah shalatwajib pada anak dalam keluarga petani adalah memasukkan anak kedalam TPA, mengaji atau lembaga sekolah yang berbasis islami,. mengundang guru kerumah Upaya orangtua dalam melatih ibadah shalat wajib pada anak bisa dalam bentuk memberikan contoh teladan. Program pelatihan pembiasaan shalat wajib pada keluarga petani adalah memberikan contoh yang baik pada anak, mengajarkan anak shalat. Hambatan yang dihadapi dalam melatih ibadah shalat wajib pada anak dalam keluarga petani yaitu keterbatasan waktu berinteraksi dan bercanda dengan anak, kurangnya pengetahuan agama orangtua, pengaruh negatif media informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Syafnan, M.Pd dan Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd
Keywords: Upaya; Orangtua; Keluarga; Petani
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:03
Last Modified: 03 Jan 2024 04:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10053

Actions (login required)

View Item View Item