Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan efektivitas arus kas pada PT. Midi Utama Indonesia, Tbk periode 2014-2021

Wahyuni, Sri (2023) Determinan efektivitas arus kas pada PT. Midi Utama Indonesia, Tbk periode 2014-2021. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200109.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Arus kas merupakan bagian dari laporan keuangan, yang mana laporan keuangan adalah laporan yang dibuat untuk para pembuat keputusan, terutamanya adalah pihak diluar organisasi maupun instansi yang isinya posisi keuangan dan hasil dari usaha. Laporan keuangan pada penelitian ini adalah terjadinya fluktuasi pada arus kas, piutang usaha, hutang lancar, persediaan dan arus kas operasi pada PT. Midi Utama Indonesia Tbk periode 2014-2021, serta adanya ketidaksesuaian teori dalam penelitian. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh piutang usaha, hutang lancar, persediaan dan arus kas operasi terhadap efektivitas arus kas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh piutang usaha, hutang lancar, persediaan dan arus kas operasi terhadap efektivitas arus kas. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan ilmu akuntansi dan manajemen keuangan. Dimana teori dalam penelitian ini adalah apabila piutang usaha bertambah maka arus kas berkurang, begitu juga jika hutang lancar bertambah maka arus kas berkurang, selanjutnya jika persediaan bertambah maka arus kas berkurang dan jika arus kas operasi bertambah maka arus kas juga bertambah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalui website www.idx.co.id yaitu dari laporan keuangan PT. Midi Utama Indonesia Tbk periode 2014-2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yang diambil sebanyak 32 sampel. Analisis data yang digunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis yang diolah menggunakan spss versi 26. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini lebih besar pengaruhnya terhadap variabel dependen. Dimana dilihat dari hasil uji parsial (Uji T) variabel independen (piutang usaha, hutang lancar, persediaan dan arus kas operasi) secara parsial tidak berpengaruh terhadap efektivitas arus kas pada PT. Midi Utama Indonesia Tbk periode 2014-2021. Dimana diperoleh dari hasil analisis determinasi dengan nilai (R Squere) sebesar 0,187 atau 18,7% yang mempengaruhi sedangkan sisanya sebesar 81,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Begitu juga secara simultan (Uji F) piutang usaha, hutang lancar, persediaan dan arus kas operasi tidak berpengaruh terhadap efektivitas arus kas pada PT. Midi Utama Indonesia Tbk periode 2014-2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan Damri Batubara, M.A
Keywords: Arus kas; Piutang usaha; Hutang lancar; Persediaan; Arus kas operasi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:58
Last Modified: 03 Jan 2024 02:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10051

Actions (login required)

View Item View Item