Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan dana Desa Tangga Tangga Hambeng Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara berdasarkan Permendes Nomor 19 Tahun 2017 tentang penetapan dana desa tahun 2018

Siregar, Sri Wahyuni (2023) Penggunaan dana Desa Tangga Tangga Hambeng Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara berdasarkan Permendes Nomor 19 Tahun 2017 tentang penetapan dana desa tahun 2018. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1810300039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan permendes nomor 19 pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi tahun 2017 menyebutkan bahwa dana desa adalah dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara yang diperuntukkan desa yang di transfer melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk mendanai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ingin mengetahui bagaimana cara penggunaan dana desa di Desa Tangga Tangga Hambeng, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara bedasarkan permendes pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi no 19 tahun 2017 dan faktor apa yang memepengaruhi Desa Tangga Tangga Hambeng sebagai desa tertinggal? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian berdasarkan studi lapangan ( field research) yaitu penelitiannya langsung kelokasi penelitian yaitu Desa Tangga Tangga Hambeng Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan dana desa di Desa Tangga Tangga Hambeng, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara berdasarkan permendes nomor 19 tahun 2017 tentang penetapan dana desa tahun 2018. dari data yang peneliti dapatkan dilapangan baik berdasarkan hasil dari wawancara dengan kepala desa dan hasil wawancara dari masyarakat desa Tangga Tangga Hambeng belum terlaksana secara optimal baik itu penggunaan dalam bidang pembangunan. Dan yang menjadi salah satu faktor penyebab ketertinggalan desa tangga tangga hambeng yaitu kondisi jalannya yang masih rusak dan sulitnya sinyal sehingga masyarakat mengalami kesulitan melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Muhammad Arsad Nasution, M.Ag dan Sawaluddin Siregar, M.A
Keywords: Dana desa daerah tertinggal; Peraturan Menteri Desa
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:05
Last Modified: 29 Dec 2023 09:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10045

Actions (login required)

View Item View Item