Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam menanggulangi bencana alam Kota Sibolga ditinjau dari Peraturan Daerah Kota Sibolga Nomor 13 Tahun 2012 tentang organisasi dan tata kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Sibolga

Sihotang, Linda (2023) Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam menanggulangi bencana alam Kota Sibolga ditinjau dari Peraturan Daerah Kota Sibolga Nomor 13 Tahun 2012 tentang organisasi dan tata kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1810300036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penanggulangan bencana merupakan salah satu bagian dari pembangunan Nasional yaitu serangkaian kegiatan penanggulangan bencana, pada saat sebelum maupun sesudah terjadinya bencana. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Sibolga dalam menanggulangi bencana masih kurang efektif karena belum optimalnya koordinasi pelaksanaan penanggulangan bencana dan kurangnya sarana prasarana penanggulangan bencana. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ingin mengetahui bagaimana alur penanggulangan bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Sibolga, Bagaimana alur BPBD, Bagaimana upaya Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam menanggulangi bencana alam di Kota Sibolga, serta apa faktor Pendukung dan Penghambat Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Kota Sibolga? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian berdasarkan studi lapangan (Field Research) yaitu penelitiannya langsung ke lokasi penelitian yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Sibolga masih kurang efektif, hal ini dilihat dari beberapa indikator, yaitu kurangnya sumber daya manusia, kurangnya kesadaran masyarakat, sistem informasi yang tidak memadai, kurangnya sarana prasarana, dengan hal ini dapat menghambat program BPBD menjadi tidak efektif dalam mencapai tujuannya. Di sisi lain BPBD sudah mampu berperan menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan cukup baik dalam pelaksanaan penanggulangan bencana alam dengan mengimplementasikan prinsip-prinsip penyelenggaraan Penanggulangan bencana dengan melaksanakan sosialisasi pencegahan dan pengurangan resiko bencana di Kelurahan se-Kota Sibolga, upaya pra bencana, seperti melakukan kegiatan pengurangan resio, kesiapsiagaan, peringatan dini dan mitigasi yang dilakukan dengan cara sosialisasi kepada masyarakat dengan cara peningkatan adaptasi, daya pengurangan resiko dan daya lenting terhadap bencana yang terjadi. tanggap darurat, kegiatan yang dilakukan berupa penyelamatan dan evakuasi masyarakat yang terkena bencana. Pasca bencana yang terdapat rehabilitasi dan rekontruksi, serta mengetahui apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Sibolga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Muhammad Arsad Nasution, M.Ag dan Puji Kurniawan, M.A.Hk
Keywords: Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD); Penanggulangan bencana
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180111 Environmental and Natural Resources Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:52
Last Modified: 29 Dec 2023 08:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10044

Actions (login required)

View Item View Item