Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran keripik sambal spesial oleh-oleh khas Sibolga dalam menghadapi persaingan bisnis menurut perspektif ekonomi Islam

Elviani, Nila (2022) Strategi pemasaran keripik sambal spesial oleh-oleh khas Sibolga dalam menghadapi persaingan bisnis menurut perspektif ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Usaha keripik sambal spesial merupakan salah satu toko yang menjual oleh-oleh khas dari Kota Sibolga, seperti keripik sambal yang pakai ikan teri, keripik yang terbuat dari ikan, sampai sambal ikan teri kacang juga ada. Pada saat ini sudah banyak pesaing baru yang muncul, sehingga membuat ancaman bagi usaha keripik sambal special. Maka dari itu usaha keripik sambal spesial harus mempunyai strategi yang kuat dalam menghadapi pesaing tetapi harus sesuai dengan etika bisnis islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh keripik sambal spesial, mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari usaha keripik sambal spesial. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari. Pengertian strategi, jenis-jenis strategi, pemasaran, bauran pemasaran (marketing mix), persaingan bisnis, persaingan dalam bisnis menurut pandangan syariah, konsep pemasaran dalam islam, etika bisnis islam, pengertian etika dan bisnis, defenisi etika menurut islam, fungsi etika bisnis islam, analisis swot, analisis lingkungan internal, analisis lingkungan eksternal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah bagian yang berhubungan dengan pemasaran keripik sambal spesial dengan pengambilan informan secara purposive sampling. Sumber data didapat dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi. Penelitian ini juga menggunakan analisis matriks SWOT untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang ada pada usaha keripik sambal spesial. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti maka diperoleh hasil yaitu pengusaha keripik sambal spesial menggunakan strategi 4P yaitu, produk, price, place, dan promotion, dan melakukan riset pasar, mengenali konsumen, memberi penawaran menarik dan juga menciptakan hubungan baik dengan konsumen. Strategi S-O yaitu, menambah jumlah produksi, membuat iklan lebih banyak. Strategi W-O yaitu, menambah jumlah karyawan, meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan. Strategi S-T yaitu, meningkatkan loyalitas pelanggan, mempertahankan kualitas produk serta bahan baku yang dipakai. Strategi W-T yaitu, menetapkan strategi harga, membuat promo dan potongan harga produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E.I., M.A dan Sry Lestari, S.H.I., M.E.I
Keywords: Analisis SWOT; Strategi; Pemasaran; Persaingan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:15
Last Modified: 29 Dec 2023 08:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10043

Actions (login required)

View Item View Item