Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk gula aren di Desa Partimbalan Kabupaten Simalungun

Saragih, Novita (2023) Strategi pemasaran produk gula aren di Desa Partimbalan Kabupaten Simalungun. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Aren adalah salah satu keluarga palma yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan dapat tumbuh subur di daerah tropis termasuk Indonesia. Tanaman aren bisa tumbuh disegala macam kondisi tanah berlempung, berkapur maupun berpasir. Gula aren menjadi salah satu konsumsi favorit dari masyarakat Indonesia, karena memiliki berbagai manfaat salah satunya untuk kesehatan seperti baik untuk penderita diabetes, pencegah anemia serta digunakan sebagai pemanis alami dalam pembuatan berbagai jenis makanan dan minuman. Salah satu daerah pembuat gula aren adalah Desa Partimbalan. Pembuatan gula aren dijadikan sebagai alat meningkatkan pendapatan keluarga. Namun permasalahannya adalah strategi pemasaran yang dilakukan masih minim. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk gula aren di Desa Partimbalan dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi pengrajin gula aren dalam pemasaran produk gula aren di Desa Partimbalan Kabupaten Simalungun. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran produk gula aren, sehubung dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi pemasaran yang membahas tentang pengertian strategi, pemasaran dan analisis SWOT produk gula aren. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah penyadap pohon aren 10 orang, pengrajin gula aren 14 orang dan agen 2 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Sementara teknik analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk gula aren di Desa Partimbalan masih sangat minim dikarenakan masyarakatnya masih belum paham mengenai strategi pemasaran yang tepat dan masih terkendala tentang pemahaman dalam mempromosikan produk gula aren yang dihasilkan. Dari hasil identifikasi analisis situasi lingkungan faktor eksternal dan internal strategi pemasaran produk gula aren ini memiliki peluang dan sudah layak untuk dikembangkan dan bersaing sehingga sangat memungkinkan untuk terus melakukan ekspansi untuk peningkatan yang lebih besar dalam meraih penjualan di Desa Partimbalan Kabupaten Simalungun tetapi di pihak lain para pengrajin gula aren menghadapi kendala internal. Strategi ini fokus pada strategi SO (Strength-Opportunities), yaitu menciptakan strategi yang maksimal untuk peluang yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Sry Lestari, M.E.I
Keywords: Strategi; Pemasaran; Analisis SWOT
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:49
Last Modified: 29 Dec 2023 07:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10041

Actions (login required)

View Item View Item