Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan Poda Na Lima dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Panompuan Jae Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Armiliana (2023) Penerapan Poda Na Lima dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Panompuan Jae Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1830100005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya kesadaran masyarakat Desa Panompuan Jae terhadap Penerapan Poda Na Lima dalam kehidupan bermasyarakat. Banyak dari masyarakat yang belum menerapkan poda na lima dengan tidak memperhatikan kebersihan terutama pada kebersihan dilingkungan seperti terjadi penumpukkan sampah disekitar rumah masyarakat yang bisa mengakibatkan terjadinya pencemaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan poda na lima dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Panompuan Jae Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan dan faktor pendukung dan penghambat penerapan poda na lima dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Panompuan Jae Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriptip yang akan memberikan penjelasan dan gambaran penerapan poda na lima dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Panompuan Jae. Subjek penelitian adalah masyarakat Desa Panompuan Jae dan kepala desa, tokoh adat, perangkat desa, alim ulama dan Naposo Nauli Bulung. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi lapangan. Hasil penelitian ini adalah bahwa masyarakat desa Panompuan Jae sudah menerapkan poda na lima dalam kehidupan bermasyarakat. Paias roha menerapkannya dengan melaksanakan shalat, bersedekah dan berqur’ban. Paias parabinton dengan mencuci pakaian,menyetrika dan menggunakan pakaian yang menutup aurat. Paias pamatang dengan mandi pagi dan sore hari, memotong kuku, dan rambut. Paias bagas dengan menyapu lantai rumah pagi dan sore, mencuri piring, dan mengepel. Paias lingkungan dengan menyapu halam depan dan belakang rumah,memotong rumput liar dan membakar sampah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Lubis, M.Ag dan Mhd. Latip Kahpi, M.Kom.I
Keywords: Poda Na Lima; Desa Panompuan Jae
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Dec 2023 04:56
Last Modified: 29 Dec 2023 04:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10039

Actions (login required)

View Item View Item