Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan literasi Quran di Kelas V MI Swasta Raudlatul uluum Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu

Argianti, Kemi (2023) Pelaksanaan literasi Quran di Kelas V MI Swasta Raudlatul uluum Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya Salah satu lembaga sekolah yang menerapkan kegiatan Literasi adalah MI Swasta Raudlatul Uluum Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan batu. Kegiatan literasi yang dilakukan MI Swasta Raudlatul Uluum Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu berupa kegiatan membaca Alquran yang diterapkan 15 Menit sebelum Pembelajaran dimulai. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar peserta didik terbiasa mengawali kegiatan dengan membaca Alquran. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah(1) Bagaimana Pelaksanaan Literasi Quran di Kelas V MI Swasta Raudlatul Uluum Aeknabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu(2) Bagaimana Dampak Literasi Quran terhadap Peserta Didik di Kelas V MI Swasta Raudlatul Uluum Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui seperti apa Pelaksanaan Literasi Quran di Kelas V MI Swasta Raudlatul Uluum Aeknabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu.Untuk mengetahui Dampak Literasi Quran terhadap Peserta Didik di Kelas V MI Swasta Raudlatul Uluum Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dimana peneliti berperan sebagai instrumen kunci dan menggambarkan suatu keadaan secara objektif atau berdasarkan fakta-fakta yang ada dan dapat dijadikan sebagai alat dalam mengumpulkan data-data terkait dalam penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi Data hasil penelitian, Adapun Pelaksanaan Literasi Quran di kelas V MI Swasta Raudlatul Uluum Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu adalah Dampak literasi Quran Terhadap Peserta didik di kelas V MI Swasta Raudlatul Uluum Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu yaitu bernilai positif bagi peserta didik, hal ini dapat dilihat dari contoh nyata sikap dari Peserta Didik dengan prilaku disiplin, sopan santun dan taat kepada para guru disekolah. Peneliti melihat bahwa peserta didik sangat ber antusias ketika melaksanakan literasi Quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd
Keywords: Literasi Quran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Dec 2023 04:03
Last Modified: 29 Dec 2023 04:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10037

Actions (login required)

View Item View Item