Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kedisiplinan siswa menggunakan model paradigma pedagogi reflektif pada siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri 1 Padangsidimpuan

Hasibuan, Rizki Amalia (2023) Upaya meningkatkan kedisiplinan siswa menggunakan model paradigma pedagogi reflektif pada siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500122.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya sikap disiplin bagi siswa. Disiplin adalah suatu sikap mengikuti dan menaati semua peraturan dengan tertib dan teratur serta dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan bertanggung jawab. Siswa yang disiplin mempunyai pemahaman yang baik mengenai sistem perilaku, mempunyai sikap mental, menunjukkan sikap kesungguhan hati dalam menaati tata tertib. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengetahui pelaksanaan model Paradigma Pedagogi Reflektif untuk meningkatkan kedisiplinan pada siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Padangsidimpuan. Adapun rumusan masalah pada pembahasan penelitian ini yaitu bagaimana upaya meningkatkan kedisiplinan siswa dengan menggunakan model Paradigma Pedagogi Reflektif pada siswa kelas III A di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) I Padangsidimpuan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kedisiplinan siswa dengan menggunakan model Paradigma Pedagogi Reflektif pada siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN I) Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada tahapan prosedur penelitian melakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas III A di MIN 1 Padangsidimpuan sebanyak 20 orang siswa. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kedisiplinan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya kedisiplinan siswa meningkat menggunakan model paradigm pedagogi reflektif. Peningkatan kedisiplinan siswa pada capaian siklus I dari nilai rata-rata memperoleh 73,91 dengan persentase jumlah siswa kedisiplinan minimal cukup 84,56%. Pada siklus I dari 20 orang siswa 55% sebanyak 11 orang siswa mencapai sikap kedisiplinan dibandingan dengan siswa 45% sebanyak 9 orang siswa. Sedangkan capaian siklus II dengan rata-rata nilai 84,56 dengan persentase jumlah siswa kedisiplinan minimal cukup 94,57%. Maka pencapaian indikator keberhasilan siklus II sudah sangat baik pada kedisiplinan siswa dari 20 orang siswa 95% sebanyak 19 orang siswa sangat setuju dan 5% sebanyak 1 orang siswa setuju. Sudah sangat baik dengan presentase 99%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Kedisiplinan; Model paradigma pedagogi reflektif
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:35
Last Modified: 29 Dec 2023 03:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10032

Actions (login required)

View Item View Item