Yanti, Marni Ade (2023) Peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada siswa Kelas 1 SD Negeri 101060 Ujung Gadung Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1620500083.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi yaitu rendahnya keterampilan membaca siswapada pembelajaran bahasa Indonesia kelas I SD Negeri 101060 Ujung Gading Kabupaten Padang Lawas Utara. Hal ini terjadi dikarenakan beberapa faktor seperti kurangnya interaksi dengan guru, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai dan guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga terasa membosankan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SD Negeri 101060 Ujung Gading?dan tujuan penelitian ini yaitu apakah penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SD Negeri 101060 Ujung Gading Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilaksankan di SD Negeri 101060 Ujung Gading Kabupaten Padang Lawas Utaradengan subjek penelitian kelas I yang berjumlah 16 siswa.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi.Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus bertemu sebanyak dua kali. Berdasarkan temuan penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa media kartu kata meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 114364 101060 Ujung Gading Kabupaten Padang Lawas Utara. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan siklus/ pra siklus adalah 63,75 dan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 31,25 % (5 dari 16 siswa). Pada siklus I pertemuan 1, nilai rata-rata kelas adalah 68,75 dan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 43,75% (7 dari 16 siswa), pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas adalah 71,25 dan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 62,5% ( 10 dari 16 siswa). Sedangkan pada siklus II pertemuan 1, nilai rata-rata kelas adalah 75,31 dan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 75% (12 dari 16 siswa), pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas adalah 78,43 dan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 81,25% (13 dari 16 siswa) yang tuntas.Data yang diperoleh dari siklus II sudah mencapai nilai harapan tertinggi yaitu 78,43 dengan persentase ketuntasan 81,25%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Dr. Lelya Hilda, M.Si |
Keywords: | Hasil belajar; Media kartu kata; PTK |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 08:55 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 08:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10025 |
Actions (login required)
View Item |