Harahap, Fitrah Khoirunnisa (2023) Pendidikan karakter dalam unit kegiatan khusus kepramukaan di UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500117.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Pada perguruan tinggi juga ada kepramukaan yang telah diatur pada petunjuk pelaksanaan pembinaan dan pengembangan gugus depan yang berpangkalan di kampus perguruan tinggi Nomor 180 Tahun 2011. Sesuai tujuan diadakannya gugusdepan Gerakan Pramuka yang berpangkalan di perguruan tinggi adalah untuk membentuk dan mengembangkan karakter bangsa dengan meningkatkan peranan perguruan tinggi dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat melalui kegiatan kepramukaan. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana Pendidikan Karakter dalam Unit Kegiatan Khusus Kepramukaan Universitas Islam Negeri Syekh Ali dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Khusus Kepramukaan Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan dalam meningkatkan Pendidikan karakter anggota. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana Pendidikan Karakter dalam Unit Kegiatan Khusus Kepramukaan Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Untuk menjelaskan bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Khusus Kepramukaan Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan dalam meningkatkan Pendidikan karakter anggota. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftip. Penelitian kualitatif mulai diperkenalkan dan memiliki pengikut pada tahun 1960-an. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk memeliti objek yang alamiah. Penelitian ini dilaksanakan di Unit Kegiatan Khusus Kepramukaan Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses Pendidikan Karakter dilakukan melalui kegiatan kepramukaan dalam rangka menggabungkan atau penyatuan sikap, standar tingkah laku, pendapat, dalam kepribadian dengan nilai-nilai karakter. Semua kegiatan kepramukaan diarahkan memahami nilai-nilai karakter. Proses pembentukan nilai karakter dilakukan melalui pengetahuan tentang moral, perasaan tentang moral, kemudian perbuatan atau tindakan moral.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Dr. Almira Amir, M.Si |
Keywords: | Pendidikan karakter; Pramuka; Disiplin; Tanggung jawab |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 04:20 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 04:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10019 |
Actions (login required)
View Item |